Mahasiswa Poktekkes Belajar Mengelola Sampah B'art Recycle & Zipper

Suara Bojonegoro     Selasa, Oktober 18, 2016    

Oleh : Bakti Arifin

suarabojonegoro.com - Untuk kesekian kalinya Kabupaten Bojonegoro dipandang sukses dalam pengelolaan sampah, hal ini menjadikan daya tarik bagi Kab/Kota lain baik di lingkungan sekolah, instansi pemerintah maupun swasta mendatangkan narasumber dari Bojonegoro untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang persampahan. Kali ini B’Art Recycle & Zipper mendapatkan kesempatan untuk berbagi ilmu dan pengalaman di Malang tepatnya di Poltekkes Kemenkes Malang.

Dengan mengusung tema “Merubah mindset sampah membawa musibah menjadi sampah membawa berkah” B’Art Recycle & Zipper berusaha merubah cara pandang masyarakat tentang sampah membawa masalah menjadi sampah membawa berkah.

Namun hal ini tidaklah mudah karena selama ini hampir setiap orang apabila ditanya “apa yang terpikirkan ketika mendengar kata sampah?” rata-rata menjawab bau, kotor, penyakit dan semua hal-hal yang negatif.

Padahal apabila dicermati lebih dalam dibalik semua masalah yang ditimbulkan sampah ada sebuah peluang usaha yang menjanjikan. Sampah organik bisa diolah menjadi pupuk untuk menyuburkan tanah dan sampah non organik bisa diolah menjadi berbagai macam kerajinan unik dan menarik yang tentunya memiliki nilai jual secara ekonomis.

Hal itulah yang disampaikan B’Art Recycle & Zipper (Bakti Arifin & Retno Pujiastuti) sebagai narasumber pada kegiatan Aplikasi Daur Ulang sebagai Stimulasi Lansia Potensial Berdaya Guna di Prodi D-III Keperawatan Lawang Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Malang pada hari Sabtu (15/10) kemarin.

Di akhir acara, setiap peserta diberikan setangkai bunga mawar cantik yang terbuat dari sampah kantong kresek yang sudah didaur ulang. Sengaja dipilih bunga mawar cantik karena diharapkan bunga mawar ini bisa menjadi simbol dan semangat yang selalu mengingatkan para peserta untuk terus berkarya demi kebaikan lingkungan dan terus mengembangkan ilmunya seperti bunga mawar dari kantong kresek yang tidak akan pernah layu. (Bak/JW)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .