Malam Ini Puncak HJB ke 339 Di Alun-Alun Bojonegoro, Warga Bisa Bancah Tumpeng

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 19, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Nanti malam di alun alun Bojonegoro akan dilakukan kegiatan Menuju malam puncak Hari Jadi Bojonegoro (HJB) yang ke-339, selain itu akan dilakukan Grebek Berkah Jonegoroan. Ribuan tumpeng dan 28 gunungan dari 28 kecamatan di Kabupaten Bojonegoro akan disiapkan pada malam puncak. Rabu (19/10/16).

Seperti disampaikan oleh Kabid Pelestarian dan Pengembangan Budaya, Disbudpar Bojonegoro, Iriantini mengatakan, prosesi grebek berkah Jonegoroan tersebut diawali oleh prosesi penyemayaman api dari Kantor Kecamatan Ngasem siang pukul 14.00 WIB, menuju pendopo Malowopati, diserahkan kepada Bupati Suyoto kemudian dilakukan ritual di depan Pendopo Malowopati.

"Kemudian, Bupati, Wakil Bupati dan Rombongan Forpimda berjalan dari Pendopo Malowopati menuju Lapangan Alun-alun dengan memakai pakaian adat dengan iring-iringan Gunungan," ungkapnya.

Sementara itu, pada Grebek Berkah Jonegoroan tahun ini akan dimeriahkan ribuan tumpeng yang merupakan dari masing-masing SKPD di lingkup Pemkab dan juga 28 gunungan dari masing-masing kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro.

"Setelah acara Grebek Berkah, masyarakat yang hadir langsung membancah tumpengan dan gunungan yang dibawa oleh masing-masing desa di Alun-alun," imbuhnya. (Ang/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .