Mojodeso Zero Sampah Plastik

Suara Bojonegoro     Senin, Oktober 24, 2016    

Oleh : Bakti Arifin


suarabojonegoro.com - Sampah plastik adalah salah satu sumber pencemaran lingkungan  di Indonesia. Plastik merupakan produk serbaguna, ringan, fleksibel, kuat dan relatif murah. Namun tanpa disadari karakter dasar plastik ditambah cara penggunaan yang tidak ramah lingkungan, ia justru merusak lingkungan hidup. Menurut laporan Global Industry Analysis pemakaian produk plastik di dunia mencapai  sekitar 297 juta ton pada akhir tahun 2015. Untuk mengatasi masalah tersebut dibutuhkan kesadaran masyarakat dimulai dari lingkungan terkecil keluarga, RT, Desa dan seterusnya.

Desa Mojodeso Kecamatan Kapas dibawah bimbingan dan arahan Badan Lingkungan Hidup Kab. Bojonegoro berupaya mewujudkan Mojodeso ZERO sampah plastik pada akhir tahun 2016. Tidak bisa dipungkiri bahwa aneka kebutuhan rumah tangga menyisakan berbagai macam sampah plastik diantaranya yaitu bungkus deterjen, bungkus kopi, bungkus mie instan dan aneka jenis kantong kresek.

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menangani masalah tersebut, selama ini dibentuklah bank sampah untuk menampung sampah masyarakat. Khusus masalah sampah plastik di Mojodeso pada Sabtu kemarin (22/10) diadakan pelatihan ketrampilan dengan memanfaatkan aneka plastik pembungkus yang biasa dihasilkan oleh rumah tangga.

Dengan mendatangkan instruktur dari B’Art Recycle & Zipper, masyarakat Mojodeso dibekali ilmu pelatihan keterampilan daur ulang. Warga diajak memanfaatkan aneka kantong kresek yang diolah menjadi aneka bunga dan bros cantik serta memanfaatkan aneka bungkus deterjen, kopi dan mie instan menjadi tempat tisu yang unik dan tentunya memiliki nilai jual ekonomis.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan Mojodeso Zero Sampah Plastik dengan merubah sampah plastik menjadi aneka kerajinan yang bernilai ekonomis” kata Retno Pujiastuti instruktur dalam pelatihan ini. “Lingkungan bersih, indah dan sehat, tingkat kesejahteraan ekonomi wargapun juga  meningkat” imbuhnya. (Bak/JW)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .