Nikmatnya Papeda Kapas Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Minggu, Oktober 23, 2016    

Reporter Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Siapa yang tak kenal dengan kelezatan Papeda kuliner dari wilayah Indonesia yang umumnya banyak dijumpai di Papua.  Kuliner Papeda terbuat dari bahan dasar sagu dan diolah dengan bumbu-bumbu pilihan sehingga menghasilkan rasa makanan yang khas dan lezat.

Nah,  banyaknya kuliner di Bojonegoro tak lepas dari kuliner unik yang harus kita rasakan. Kuliner tersebut adalah Papeda Kapas, makanan ini hampir sama dengan papeda Papua namun ada perbedaan dibahan dasar. Seperti yang dijelaskan oleh Abi Yusi pembuat papeda Kapas,  Bojonegoro. 23/10/16
“Kalau papeda Kapas terbuat dari tepung pati kanji sebagai pengganti sagu kemudian dicampur dengan bumbu lain seperti penyedap rasa,  air dan telur. “ kata Abi warga Plesungan, kecamatan  Kapas,  Bojonegoro.

Sementara,  cara membuat kuliner ini kita campurkan adonan dari tepung pati kanji yang telah dicampur dengan garam, penyedap rasa dan air.

“Setelah adonan tercampur goreng adonan dengan menambahkan telur biasanya kita memakai telur puyuh agar dapat memperkuat kelezatan Papeda ini” tambahnya

Rasa khas dari kuliner ini gurih, pedas tergantung rasa apa yang diinginkan pembeli. Karena dicampur dengan mentega.
“Papeda yang saya buat rasanya bervariasi
Antara lain rasa balado pedas dan rasa ayam panggang namun yang paling disukai pembeli rasa balado pedas. “ kata pengusaha kuliner ini.

Bagi anda ingin menikmati kuliner ini cukup datang di desa Plesungan,  Kecamatan Kapas, Bojonegoro tentunya dapat kita beli dengan harga terjangkau yaitu seribu rupiah setiap satu tusuk papeda.

“Tiap hari saya keliling kampung dan jualan disekolah yang ada di desa Plesungan. “ pungkasnya (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .