Pattiro Surakarta Perhatikan Ibu Hamil di Sekitar Kecamatan Gayam

Suara Bojonegoro     Senin, Oktober 24, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Mengantisipasi tingginya resiko pada ibu hamil (Resti). Salah satu lembaga Non Government Organisation (NGO), Pusat Telaah dan Informasi Regional (Pattiro) Surakarta yang kongsen dalam pemberian pendampingan dalam dunia kesehatan, khususnya mendampingi Pos pelayanan terpadu (Posyandu) di 12 Desa Kecamatan Hayam, Kabupaten Bojonegoro, hari ini memberikan matras senam sebanyak 15 dan bola senam sebanyak 5 buah untuk setiap Desa di Posyandu di Kecamatan Gayam.

Tohar Muclasin, Manager Program Pattiro Surakarta, menjelaskan, bahwa senam hamil sendiri merupakan senam yang sangat dibutuhkan oleh setiap ibu hamil. Yakni, tujuan utama dari senam hamil untuk menyehatkan ibu hamil serta memperlancar proses persalinan dengan memberikan latihan pada otot-otot dan bagian tubuh yang nantinya akan berperan dalam proses persalinan.

"Itu sebagai bentuk kongsen dalam mendampingi Posyandu di setiap desa di wilayah Gayam. Kita memfasilitasi para kader posyandu untuk menjadi masyarakat yang sehat, untuk itu kita juga memberikan fasilitas untuk senam ibu hamil," kata Tohar.

Lebih lanjut, ia mengatakan, dengan pemberian fasilitas senam ini nantinya, dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh kader posyandu dan bidan desa untuk melatih senam ibu hamil.

"Kalau ibu hamil sehat, tentunya akan mengurangi resiko ibu hamil, harapannya ibu hamil selamat dan bayi dilahirkan juga selamat serta sehat" tambahnya.

Senada juga disampaikan oleh Umy Fadilah, spesialis kesehatan Pattiro Surakarta, mengatakan Bahwa senam hamil amatlah penting bagi para ibu hamil, guna menjaga janin dalam kandungan selalu terjaga. Nantinya sudah tidak ada resiko ibu hamil lagi disetiap desa.

"Bahkan dengan mengikuti program kelas hamil yang biasanya menjadi tempat rutin diadakannya senam hamil, ibu juga bisa mendapatkan informasi serta tips mempersiapkan persalinan & menjaga kesehatan ibu dan janin," kata Umy

Ia berharap, dengan bantuan fasilitas senam ibu hamil, yang diprakarsai oleh Pattiro Surakarta, dan didukung oleh Exxonmobil, SKK Migas, Pertamina EP Cepu dan Badan kerja sama PT Blok Cepu. "Dapat bermanfaat bagi masyarakat di Kecamatan Gayam, khususnya di dunia Kesehatan," tuturnya.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .