Pelayanan USG gratis untuk Kebuntingan kambing peternak

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 19, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - (Tuban) - Tidak hanya manusia saja yang bisa di diagnosa kebuntingannya untuk mengetahui keadaan bayi didalam perutnya, di Tuban Selatan Singgahan,  dalam  rangka   memperingati   Dies  natalis  program   studi produksi ternak Politeknik Pertanian & Peternakan Mapena  Tuban menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat,   berupa   layanan   diagnosis   atau   tes   kebuntingan   kambing   menggunakan   teknologi ultrasonograti  (USG).

Kegiatan   yang   bertujuan   untuk   pemberdayaan   ilmu   dan   kreativitas   civitas akademik dalam rangka membantu masyarakat peternak ini membawa tema besar, Dengan harapan agar masyarakat bisa lebih semangat dalam melakukan ternak kambing guna peningkatan ekonomi mereka.

Kegiatan ini “Melalui TernakMembangun Bangsa” Event   yang   diadakan   pada   tanggal  17   Oktober   2016   kemarin di   kelompok   ternak   Saraswati   ini,   dihadiri peternak, mahasiswa dan dosen Politeknik Pertanian & Peternakan Mapena Tuban.

Menurut Ali Saifudin,   drh.,   M.Sc   selaku  Kaprodi  produksi  ternak   Politeknik   Pertanian   &   Peternakan   MapenaTubanBentuk kegiatanyang dilaksanakan yaitu dengan memberikan penyuluhan tentang program reproduksi ternak danpelayanan deteksi kebuntingan dengan menggunakan teknologi USG.

Selain itu terdapat juga sesi pelatihan untuk mahasiswa tentang aplikasi USG untuk diagnosa kebuntingan yang menghadirkan praktisi USG dari Bandung, Kusman Slamet, S.Pi.

“Kegiatan   ini   sangat   positif,   dalam   rangka   bentuk  transfer   knowledge  dan   membantu   peternakmengetahui status kebuntingan ternaknya. Kepastian stasus kebuntingan ini penting karena waktuproduksi yang hilang akibat infertilitas dapat ditekan dengan  penanganan yang tepat ", ungkap Ali Saefudin. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .