Raja Surakarta Beri Anugrah Desa Sambongrejo - Gondang

Suara Bojonegoro     Kamis, Oktober 27, 2016    

Reporter : Rabbani R


suarabojonegoro.com - Dua buah gunungan diarak keliling desa oleh ratusan warga Desa Sambongrejo, Kecamatan Gondang. “Dua gunungan tersebut dibawa dari rumah saya untuk dibawa ke balai desa,” jelas Eko Prasetyanto, Kepala Desa setempat, Kamis (27/10/16)

Arak-arakan itu sendiri merupakan awal prosesi dari Pakurmatan Agung Suro di desa yang mulai terkenal sejak dibukanya wisata Watu Gandul tersebut. Tak sekedar seremonial, acara tersebut juga menarik perhatian dari pihak Kraton Surakarta yang diwakili K.R.A.T Seno Nugroho Hadiningrat SE. “Kami juga dapat kabar, bahwa siang tadi Raja dari Kraton Surakarta telah menetapkan sebuah anugerah bagi desa kami,” tambahnya.

Ini isi pemberitahuan dari keraton Surakarta : “Peparing tando radyo laksono dalah samir saking Keraton Surokarto Hadiningrat dining KRAT Samsudini Adi Nagoro dalah R. Harsoyo Adji Suryo  dumateng Lurah Sambongrejo”

Desa Sambongrejo terpilih sebagai satu-satunya desa di Bojonegoro yang dianggap sebagai pelestari budaya dan kepanjangan tangan dari Kraton Surakarta. “Kami dikabari melaui handphone oleh pihak Kraton,” jelasnya.

Sebagai simbol anugerah tersebut, malam ini pihak Kraton Surakarta akan hadir dan memberikan pin Radyo Laksono yang merupakan simbol Kraton Surakarta dan telah diakui di dunia internasional. “Apapun itu, kehadiran pihak Kraton Surakarta di acara budaya desa ini adalah sebuah kehormatan luar biasa bagi desa kami,” tambahnya. (Ray/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .