Revolusi Data Turut Mewarnai Festival OGP

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 19, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Festival Open Government Partnership (OGP) yang digelar di pemkab Bojonegoro tanggal 19 hingga 20 Oktober mendatang diikuti banyak peserta, salah satunya Bojonegoro Institute (BI)  yang bekerja sama dengan. Sinergantara dan Pemda yang meluncurkan program revolusi data, hal ini Seperti yang disampaikam oleh Aw. Saiful Huda selaku Direktur Bojonegoro Institute di lantai 1 Pemkab Bojonegoro pada Rabu,  (19/10/2016).

“Revolusi data merupakan sebuah pendekatan data baru yang dikembangkan oleh BI,  Sinergantara dan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam mengembangkan metode pendataan baru dengan proses lebih cepat.” katanya kepada wartawan suarabojonegoro.com.

Pihaknya menambahkan model pendataan kependudukan baru ini telah dilaksanakan didesa Kapas,  Kecamatan Kapas dan bertindak  sebagai pilot project.

“kami sebagai pilot project didesa Kapas,  kecamatan Kapas yang inti dari revolusi data ini bagamana kita menyuguhkan data daya valid up to date dengan indikator yang sensitif dengan persoalan dilapangan. “tambah direktur BI ini

Sementara,  Ilham Cendekia Srimarga Direktur Sinergantara juga menambahkan bahwa tujuan program revolusi data ini antara lain untuk menunjang agenda pembangunan seluruh bidang secara tepat,  hemat dan berkelanjutan.

“Karena untuk pencarian data atau surve kependudukan selama ini masih lambat maka untuk mempercepat pencarian data kami menggunakan aplikasi android yang bernama Revo. “ Kata Ilham

Melalui aplikasi Revo ini proses pendataan lebih cepat sehingga dapat memudahkan kinerja pemerintah.
Sementara, Pada bulan Juni 2015 lalu program revolusi data telah bekerja sama dengan call for collaboration for data revolution di Jakarta.

“Aplikasi android Revo kita temukan tahun 2012 oleh Leb Sinergantara yang koordinasi dengan ITB kemudian tahun 2013 bupati Suyoto  tertarik dengan aplikasi ini,“ tambahnya. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .