Selama 10 Hari Warga Sumbangtimun Dilatih Manajemen Dapur Umum Oleh PMI

Suara Bojonegoro     Sabtu, Oktober 15, 2016    

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat adalah suatu kegiatan yang mengupayakan pemberdayaan kapasitas masyarakat agar dapat mengambil inisiatif dan melakukan tindakan untuk meminialisir dampak bencana yang terjadi dilingkungannya. Pengurangan resiko terpadu berbasis masyarakat sebagai upaya pengurangan resiko yang dilakukan bersama sama masyarakat yang mencakup seluruh sektor.

Salah satu kegiatan pengurangan resiko tersebut diperlukan latihan manajemen dapur umum seperti yang diadakan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro di Desa Sumbangtimun Kecamatan Trucuk, yang dilaksanakan mulai taggal 12 kemaren, sampai tanggal 21 Oktober 2016 mendatang. Setiap angkatan diikuti 3 RT dengan peserta 30 orang selama 2 hari.

Nantinya akan terlatih 160 orang dari 16 RT. Harapanya agar masyarakat mampu memberikan dampak yang positif terhadap lingkungan dan masyarakat.

"Terutama pentingnya tenaga dan keterampilan manajemen dapur umum dalam pemenuhan kebutuhan makan pada saat terjadi bencana banjir," kata Suko, Sekretaris PMI Bojonegoro.

Selain itu diharapkan adanya team dapur umum atau dapur komonitas disetiap  RT di Desa Sumbangtimun.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .