SELOREJO MENUJU DESA BERSERI BERBASIS INDUSTRI KREATIF

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 26, 2016    

Oleh: Bhakti Arifin

suarabojonegoro.com - Kegagalan Desa Selorejo menjadi Desa Berseri pada tahun ini tidak membuat aparatur beserta warga Desa Selorejo patah semangat. Kegagalan ini justru memicu semangat aparatur beserta warga  untuk lebih bekerjakeras dan bekerjasama dalam mewujudkan Selorejo Berseri pada tahun 2017 yang akan datang.

Dengan memanfaatkan potensi lokal desa berbasis industri kreatif, Selorejo berupaya memanfaatkan limbah/sampah desa menjadi aneka kerajinan yang unik dan bernilai ekonomis sebagai langkah awal menuju Desa Berseri.

Selama ini Desa Selorejo Kecamatan Baureno dikenal dengan industri kreatif kasur lantainya. Pemasarannya sudah sampai keluar provinsi. Namun dibalik kesuksessan industri kasur lantai ini sedikit menyisakan limbah berupa kertas duplex. Selama ini limbah kertas duplex hanya dijual secara kiloan yang nilainya sangat rendah.

Melihat permasalahan sekaligus potensi/peluang diatas, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro pada Minggu (23/10) kemarin bekerjasama dengan B’Art Recycle & Zipper untuk memberikan pelatihan pengelolaan limbah kertas duplex menjadi aneka lampu hias yang memiliki nilai seni dan ekonomis. Salah satu tujuan dari pelatihan ini yaitu untuk melatih kreatifitas warga dalam mengelola dan memanfaatkan limbah/sampah yang ada di desa.

Seperti yang disampaikan Retno Pujiastuti salah satu instruktur dalam kegiatan ini “Industri kreatif merupakan masa depan yang bertumpu pada daya kreasi manusia, yang pada hakikatnya merupakan kegiatan ekonomi yang mengutamakan pada kreativitas berpikir “thinking new things”, yaitu berpikir sesuatu yang baru”. “Manifestasinya sangat banyak, seperti berpikir tentang cara baru, model baru, disain baru, barang dan jasa baru, pemasaran baru, usaha baru, distribusi baru, strategi baru, teknik baru dan komersialisasi baru” imbuhnya.

Dengan berbasis idustri kreatif dalam pengelolaan limbah/sampah desa, diharapkan warga mampu mengelola sampah menjadi sebuah kerajinan sehingga pada akhirnya dapat tercipta lingkungan yang bersih, sehat, rapi, indah serta dapat meningkatkan penghasilan keluarga dan tentunya menjadi salah satu jalan menuju Selorejo Berseri. (Bak/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .