Sosialisasi Program Kota Tanpa Kumuh

Suara Bojonegoro     Senin, Oktober 31, 2016    

Senin, 31 Oktober 2016
Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Kebijakan pemerintah pusat untuk menata kawasan kumuh menjadi hunian yang layak huni dan mementingkan kesehatan dilakukan  dilakukan diseluruh wilayah di Indonesia. Diindonesia tingkat pertumbuhan pendudukan di perkotaan 2,75 persen pertahun lebih besar dari pertumbuhan penduduk nasional 1,17 persen pertahun .

Ditahun 2015 59,35 persen penduduk sudah hidup di kota dan ditahun 2045 diperkirakan 82,37 persen penduduk akan hidup dikota. Hal ini terungkap saat acara sosialisasi dan strategi komunikasi program kota tanpa kumuh ( KOTAKU) , Senin (31/10) pagi tadi di yang digelar di Ruang Andrawina Hotel Aston Bojonegoro.

Dalam upaya mewujudkan tata kelola kawasan baik desa maupun perkotaan, pagi tadi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Cipta Karya menggelar sosialisasi dan workshop program kota tanpa kumuh (kotaku). Saiun Ngalim dari Koordinator Kota Kab Bojonegoro ketika dikonfirmasi humas menjelaskan Acara ini diikuti oleh unsur dinas, unsur relawan kabupaten, kepala desa dan kepala kelurahan se kecamatan Kota Bojonegoro,koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) atau Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) serta dari beberapa perwakilan Universitas Bojonegoro.

"Tujuan untuk memberikan pemahaman arah kebijakan dan strategi progran Kotaku. Di laksanakan di 34 propinsi,salah satu di Jawa Timur di 36 kabupaten kota. Sasaran untuk Bojonegoro hanya satu yakni seluruh desa dan kelurahan di kecamatan kota," Kata Saiun.

Target penyediaan air minum, penanganan kawasan kumuh dan sanitasi yang layak. 100 persen air minum 0 persen kumuh dan 100 persen sanitasi layak.ini merupakan target nasional sampai dengan tahun 2019.

Sebelumnya Bupati menerima hasil pemetaan kawasan di Kabupaten Bojonegoro yang diserahkan oleh Koordinator KOTAKU Bojonegoro, Saiun Ngalim yang disaksikan oleh seluruh hadirin yang datang dalam kesempatan ini antara lain Wakil Ketua DPRD Bojonegoro, Suyuti. (Wan/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .