Suyoto Siapkan Data Awal Sebagai Kebijakan Pemerintahan Masa Depan

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 05, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Tahun 2016 merupakan Awal dari pelaksnaan pembangunan berkelanjutan (sustainable development goals/sdgs) pada tahun 2016 ini, yang telah ditetapkan PBB tahun 2015, dan Indonesia ikut meratifikasi, dilihat tujuan dan indokator dari SDGs,memang sangat mementingkan generasi saat ini dan dimasa mendatang, sehingga Kabupaten Bojonegoro melihat ini sebagai sesuatu yang penting sehingga seluruh elemen masyarakat Bojonegoro yang dimotori oleh Kang Yoto sebagai Bupati menyatakan kesiapannya untuk menjalankan SDGs dengan ditandai oleh sebuah deklarasi kesiapan pada tanggal 22 Maret 2016.

Dalam forum Expert Meeting SDGs di Jakarta  kang Yoto menguraikan bahwa Kabupaten Bojonegoro sudah menyiapkan data awal (baseline data) yang bisa dijadikan sebagai landasan yang tepat untuk menentukan kebijakan ke masa depan, diamana kebijakan yang tak hanya dari sisi Pemerintah, namun juga melibatkan Partisipasi masyarakat, Para akademisi, pengusaha, dan komunitas. Keempat elemen itu lebih dikenal juga dengan istilah sinergi 4 sekawan.

“Kami sangat percaya kekuatan kolaborasi dan sinergi ini akan membawa kebaikan dan kesempurnaan pembangunan berkelanjutan di Bojonegoro” kata Kang Yoto.

Dia juga menambahkan bahwa di era Bojonegoro yang  transparan, akuntabel, partisipatif dan penuh inovasi serta didukung oleh teknologi informasi yang jauh lebih efektif, tambahnya. Apa yang dilakukan Bojonegoro semasa kepemimpinan Kang Yoto ini merupakan terobosan dan langkah besar di negeri ini.

Untuk itu, orang nomor satu yang telah membawa Bojonegoro sebagai daerah penyelenggara pemerintahan terbuka yang melibatkan partisipasi publik dalam pembangunan diminta untuk memaparkan tentang sukses dalam implementasi SDGs dihadapan para tokoh Pemerintah Pusat, Kementerian BAPPENAS, Pemerintah Daerah, Politisi, Akademisi, pengusaha yang diinisiasi oleh United Nations Development Programme (UNDP) yang bekerjasama dengan International NGO Forum On Indonesian Development (INFID). (Ney/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .