Tanggul di Kanor Longsor di Dua Titik

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 12, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Longsornya tanggul didua titik di Desa/Kecamatan Kanor, Bojonegoro mengalami longsor sejak beberapa waktu lalu, dan paaca debit air sungai begawan Solo serta Hujan deras yang turun secara terus menerus membuat longsor tanggul bertambah. Rabu (12/10/16).

Akibat hal itu warga warga setempat mulai mencemaskan adanya tanggul yabg longsor dan semakin membahayakann karena bisa berdampak air dari sungai begawan Solo apabila kembali debit dapat menyebabkan ratusan rumah warga akan tergenang air.

Menurut Camat Kanor Subiyanto, Tanggul yang dibangun tahun 2010 tersebut longsor di dua titik karena dipengaruhi terkikisnya tanah akibat erosi Bengawan Solo dan hujan yang terus menguyur dua hari belakangan ini.

"Ada dua titik yang terjadi longsor tersebut, ada di sebelah utara dengan titik kelongsoran mencapai sepanjang 30 m. Dan titik sebelah selatan ada 30 m, jadi untuk panjang longsor tanggul di Desa Kanor sepanjang 60 meter. Selain itu juga ada tanggul dalam kondisi rawan longsor sepanjang 60 m," Kata Subiyanto.

Menurut Subiyanto dua hari terakhir ini di wilayah Kecamatan Kanor hujan sangat ekstrim sehingga menjadi penyebab longsornya tanggul di Rt/Rw 04/03 membuat masyarakat yang tinggal berada di sekitar tersebut khawatir dan was-was.

Kecemasan warga sekitar terhadap banjir besar seperti tahun 2007 lalu bisa terjadi lagi dan merendam ratusan rumah warga serta ribuan tanaman pertanian. Apalagi di bulan ini masyarakat yang tinggal disekitar sudah kembali menaman padi.

"Kalau sampai tanggul tersebut terus terkikis dan mengakibatkan jebol sudah pasi akan merugikan petani," Tambah Camat Kanor. (Ang*)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .