Usaha Konveksi di Bojonegoro Yang Menjanjikan

Suara Bojonegoro     Rabu, Oktober 12, 2016    

Reporter : Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com - Berawal dari hoby melukis dan desain,  Sunarto warga Kelurahaan Sumbang, kecamatan/Kabupaten Bojonegoro yabg mulai merintis usaha jasa percetakan spanduk pada awal 2006 dan beralih membuka usaha konveksi pada pertengahan 2006.

Sunarto mulai tertarik dengan konveksi karena banyaknya pesanan yang datang ketempatnya sehingga ia harus melepas jasa percetakan spanduk dan fokus pada bidang konveksi pakaian pada awal 2007.

“Saya mulai tertarik bidang konveksi karena banyak sekali pesanan sehingga saya melepas usaha spanduk saya. “ kata pria 46 tahun ini, Rabu (12/10/16).

Konveksi Soenarto yang bertempat di jalan panglima polim ( pertokoan podho moro nomor 3) Pacul Bojonegoro dikenal masyarakat setempat sebagai konveksi dengan hasil yang berkualitas sehingga banyak pesanan.

Pada tahun 2008 usaha konveksi ini semakin meluas dan terkenal bukan hanya warga Bojonegoro,  Tuban maupun Lamongan bahkan konveksi ini terkenal diluar jawa seperti Samarinda,  Kartanegara,  Medan dan Manado. Pasalnya,  tahun 2008 Sunarto bekerja sama dengan koperasi Angkatan laut Surabaya sehingga pemasarannya dapat meluas.

“Bukan hanya dari daerah sekitar saja yang pesan namun juga menerima pesanan dari luar jawa. “ tambah Sunarto.

Dalam sehari Sunarto dapat menerima pesanan hingga 6000 stel pakaian. Dengan pengerjaan untuk 100 stel dapat diselesaikan dalam kurun waktu 2 hari dengan bantuan karyawan sebanyak 12 orang yang bekerja di konveksinya.

Sementara, Setiap satu stel kaos dan training ukuran pelajar SMA ia patok dengan harga 54 ribu hingga 58 ribu rupiah per stel.

“Namun, untuk satu stel seragam dinas harganya cukup mahal yakni sebesar 130 ribu perstelnya. “tambah pengusaha konveksi ini.

Banyaknya pesanan dari segala penjuru membuat pria asli Bojonegoro ini dapat mengantongi omset bulanan yang menggiurkan untuk hari biasa ia dapat memperoleh omzet sebesar 15 juta rupiah perbulan, sementara untuk tahun ajaran baru omset  Sunarto bisa mencapai Rp120 juta perbulan.

“kalau tahun ajaran baru omsetnya bisa mencapai 120 juta per bulan. “ pungkasnya. (Ina/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .