15 Kelompok Tani se Kecamatan Kanor Diberi Pelatihan Pertanian Selama 4 Hari

Suara Bojonegoro     Selasa, November 01, 2016    

Selasa, 01 November 2016
Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Sebanyak 15 Kelompok Tani (Poktan) dari 15 desa yang berada di Kecamatan Kanor Kabupaten Bojonegoro, mulai hari ini, Selasa (01/11/16) diberi pelatihan pertanian oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Pertanian Kecamatan Kanor. Pelatihan yang berlangsung selama 4 hari tersebut dilaksanakan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Kanor.

Salah satu PPL Pertanian desa setempat, Ishak Riyanto mengatakan, kursus pertanian yang ditunjukan kepada ketua kelompok tani itu dilaksanakan selama 4 hari, mencakup beberapa materi pertanian.

"Hari ini materi pembuatan PGPR, besok tentang yellow trap (perangkap serangga), Kamis pembuatan rumah burung hantu (Rubuha), Jum'at pembuatan AH dan pestisida nabati (Pesnab)," kata Pria asal Kecamatan Balen itu. Selasa (01/11/16) siang.

Ia menambahi, salah satu materi seperti pembuatan Plant Growth Promoting
Rhizobacteria (PGPR) ini sangat penting bagi petani, sebab pengaplikasian PGPR pada tanaman padi akan memproduksi antibiotik untuk melindungi tanaman dengan cara menghambat pertumbuhan penyakit pada akar.

"PGPR juga berfungsi sebagai penghambat etilen atau zat yang menyebabkan tanaman cepat tua dan mati," jelasnya.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .