Abidin Fikri : Partai Politik Untuk Berjuang Bersama Kaum Marhaen

Suara Bojonegoro     Senin, November 14, 2016    

Reporter : Nella Rachma


suarabojonegoro.com - Anggota Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Abidin Fikri menegaskan, partai politik merupakan alat perjuangan untuk bergotong royong memperjuangkan aspirasi kaum marhaen. Ia menjelaskan, kaum marhaen adalah mereka yang tertindas, kaum marjinal, kaum buruh, petani dan nelayan.

Hal tersebut disampaikan Abidin saat pelantikan dan pembekalan  Pengurus Ranting PDI Perjuangan se-Kecamatan Palang, Tuban, Minggu (13/11/2016).

"Oleh karena itu, struktural partai harus solid, sebab bila tidak maka aspirasi rakyat tidak tersampaikan pada institusi politik baik di daerah maupun di pusat," kata politisi PDI Perjuangan tersebut.

Abidin menambahkan, PDI Perjuangan telah menegaskan untuk kembali ke jalan ideologi dan menjadi alat perjuangan kaum marhaen sebagaimana keputusan kongres partai. Secara historis, sikap keberpihakan pada kaum marhaen dapat ditelusuri sejak Bung Karno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) tahun 1927.

"PDI Perjuangan adalah partai yang asal mulanya partai yang didirikan oleh bung Karno yakni PNI, kemudian fusi partai menjadi PDI dan saat terjadi pergolakan tahun 1998 menjadi  PDI Perjuangan," terangnya.

Sebagai partai yang membawa spirit ajaran Bung Karno, ia mengajak seluruh kader PDI Perjuangan di Tuban untuk mempelajari secara  serius pemikiran dan tindakan Bung Karno untuk memperjuangkan aspirasi rakyat.

Pentingnya mempelajari kembali ajaran dan tindakan Bung Karno menurut  Abidin, karena hingga saat ini sosok pemimpin bangsa seperti Bung Karno masih diteladani oleh sebagian besar rakyat Indonesia.

"Bila kita lihat di pemukiman kumuh, ada foto Bung Karno, bila saya lihat di rumah orang-orang sepuh masih ada foto Bung Karno, artinya mereka masih menyandarkan impiannya pada sosok pemimpin seperti Bung Karno," tegasnya.

Sementara itu, banyak di antara para pengurus ranting yang dilantik merupakan generasi muda. Bagi Abidin hal tersebut sangat menggembirakan karena pemuda perlu mendapatkan pendidikan politik di tengah derasnya tantangan kekinian, seperti maraknya peredaran narkoba yang meluas hingga ke pelosok desa.

Dalam acara tersebut,  tampak hadir jajaran pengurus struktural dan fungsionaris partai seperti  Teguh Prabowo alias Go Tjong Ping dari DPD PDI Perjuangan Jatim, Ketua DPC PDI Perjuangan Tuban, Andik Hartanto serta anggota fraksi PDI Perjuangan DPRD Tuban. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .