Ada Banjir, Dishub Imbau Kurangi Jumlah Penumpang Perahu

Suara Bojonegoro     Rabu, November 30, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bojonegoro mengimbau kepada seluruh operator perahu penyebrangan sungai Bengawan Solo untuk selalu berhati hati saat menyebrangkan penumpang. Sebab saat ini kondisi bengawan solo mengalami kenaikan masuk siaga kuning.

Kepala Bidang angkutan darat Suhartono mengatakan saat ini posisi bengawan solo dalam siaga II dan akan terus naik karena kiriman air dari hulu diperkiraan banjir lebih besar dari kemarin.

"Untuk para penambang perahu penyeberangan untuk mengurangi jumlah penumpang. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan". katanya.

Sesuai papan ketentuan yang dikeluarkan oleh Pemkab Bojonegoro yang terpasang di setiap titik penyebrangan yakni jumlah penumpang perahu harus menyesuaikan kondisi sungai Bengawan Solo.

Jika memasuki Siaga I, perahu dianjurkan hanya memuat 80% penumpang dari kapasitas maksimal perahu. Saat Siaga II, hanya diperbolehkan memuat 60% penumpang. Dan saat siaga III, hanya 50% penumpang yang boleh diangkut perahu penyeberangan.

Suhartono menambahkan untuk para penambang perahu yang beroperasi di sungai Bengawan Solo, diwajibkan menggunakan alat keselamatan seperti life jacket dan pelampung yang dulu sudah di berikan oleh pemkab. (Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .