Akibat Banjir, Warga Ungsikan Hewan Ternak

Suara Bojonegoro     Sabtu, November 26, 2016    

Reporter : Bima Rahmat

suarabojonegoro.com - Akibat air luapan dari Sungai Begawan Solo, Warga Desa Ngulanan, Kecamatan Dander, Bojonegoro yang rumah dan pemukimannya terendam oleh banjir mulai mengungsikan hewan ternak peliharaan mereka di wilayah tanggul sungai yang tidak terkena banjir, Sabtu (26/11/16).

Dikatajan oleh Rais, warga Ngulanan Desa Ngulanan, kecamatan Dander, mengatakan saat ini beberapa wilayah Desa Ngulanan sudah mulai terkena banjir, dan binatang piaraan tak bisa menempati kandang atau tempatnya dan harus diungsikan.

"Kami terpaksa memindahkan ternak, karena kandangnya sudah tergenang air," kata Rais yang memiliki beberapa ekor sapi.

Para warga ini membuat tenda darurat untuk menampung ternak mereka agar aman dari hujan dan panas, sementara jika malam, pemilik ternak harus ikut tidur atau bermalam ditempat pengungsian karena harus menjaga ternak mereka.

Dia juga mengungkapkan, beberapa tahun lalu banyak ternak warga yang sakit dan bahkan mati karena kandangnya terendam air dan sebagian hewan ternak terjangkit penyakit.

Ramin salah seorang warga lainnya mengatakan, puluhan ternak milik warga tersebut dipindahkan ke tempat keluarga, yang rumah ataupun wilayah tempat tinggalnya berada di ketinggian.

"Setiap musim hujan para pemilik ternak, kewalahan untuk memikirkan cara agar hewan miliknya tidak terkena wabah penyakit," Katanya. (Bim/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .