Anggota DPR RI Konsisten Sosialisasikan Kampung KB

Suara Bojonegoro     Senin, November 21, 2016    

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com - Anggota komisi IX DPR RI Abidin Fikri menjelaskan,  pencanangan program kampung Keluarga Berencana (KB) merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi pembangunan generasi muda Indonesia yang berkualitas.

Menurutnya, program kampung  KB harus diintegrasikan dengan berbagai aspek kehidupan penting lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, sehingga tidak hanya menyoal soal kependudukan semata.

Hal itu disampaikan Abidin saat peresmian kampung KB di Dusun Blimbing, Desa Setren,  Kecamatan Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu (20/11/2016).

"Program ini tidak berdiri sendiri banyak hal yang harus diintegrasikan soal kependudukan, kesehatan dan pendidikam," kata Abidin.

Abidin menambahkan, pembangunan kampung KB yang terintegrasi nantinya diharapkan dapat mengontrol berbagai hal yang berpotensi merusak generasi muda. Misalnya, pengaruh peredaran narkoba hingga level desa, yang tentu sangat berbahaya bagi generasi muda bangsa.

"Pencanangan kampung KB akan bisa mengontrol dan mengawasi untuk saling bertukar informasi tentang kesehatan anak, kenakalan anak, pendidikan anak, narkoba, dll," paparnya.

Lebih jauh politisi PDI Perjuangan itu memaparkan,  pentingnya pengintegrasian program kampung KB  karena Indonesia akan mengalami bonus demografi tahun 2020 hingga 2024. Bonus demografi suatu kondisi dimana 60 % dari total penduduk Indonesia terdiri dari angkatan kerja usia 20 hingga 45 tahun.

"Kalau tidak dikelola dengan baik maka bonus demografi selain ada manfat baiknya juga akan membawa masalah sosial. Kenapa? Karena pemerintah dituntut untuk  menyediakan lapangan kerja bagi angkatan kerja," kata Abidin.


Abidin menegaskan, program kampung KB adalah bagian dari upaya membangun generasi berkualitas. Generasi berkualitas ialah generasi yang selalu merencanakan masa depannya, termasuk perencanaan untuk menikah. Usia ideal untuk menikah bagi laki-laki ialah 25 tahun dan 21 tahun bagi perempuan. (Ney/Adv)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .