EMCL Gelar Pelatihan bagi Kontraktor Lokal yang ke 8

Suara Bojonegoro     Rabu, November 16, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Operator migas Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) kembali menggelar lokakarya bagi kontraktor lokal. Lebih dari 70 kontraktor menghadiri acara tersebut. "Para kontraktor harus pandai mencari peluang, banyak cari informasi," ucap Asisten 2 Bidang Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Bojonegoro, Setyo Yuliono pada Rabu (16/11/20).

Setyo berharap, pelatihan untuk pengembangan kapasitas kontraktor lokal terus dilakukan EMCL. Sehingga, kata dia, kelak tidak ada lagi kontraktor lokal yang melakukan kesalahan-kesalahan dalam penyediaan barang dan jasa. "Upaya EMCL ini patut kita apresiasi," cetusnya.

Pelatihan kontraktor yang kedelapan kalinya ini mengangkat tema Penerapan Sanksi Administrasi dan Finansial Kepada Penyedia Barang dan Jasa di EMCL. Pembicara, Shinta D. Paulina menjelaskan, EMCL melakukan  pengelolaan penyedia barang dan jasa sesuai dengan aturan dan pengawasan SKK Migas. Hal ini dimaksudkan untuk  meningkatkan kemampuan dan kinerja penyedia barang atau jasa di EMCL. "Pengelolaan Penyedia Barang dan jasa meliputi sistem administrasi, pembinaan, dan penilaian kinerja serta pemberian penghargaan atau sanksi bagi para penyedia barang atau jasa," papar Shinta.

Shinta menjelaskan, sanksi diberikan kepada penyedia barang atau jasa dalam rangka pembinaan. Bentuk sanksi dapat berupa administrasi dan finansial sebagaimana diatur dalam PTK-007/SKKO0000/2015/S0 yang dikeluarkan oleh SKK Migas. "Semua proses pengadaan di EMCL, tunduk pada aturan tersebut," ucapnya.

Sementara itu, Community Relations Coordinator EMCL, Ichwan Arifin mengatakan bahwa selain pelatihan, EMCL juga memberikan bimbingan dan konsultasi. Tidak hanya melatih, tim EMCL juga mendampingi, melayani pertanyaan dan memberi saran kepada kontraktor lokal. "Program ini merupakan bagian dari komitmen EMCL dalam pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemberdayaan kontraktor lokal," ujarnya.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .