Gas J-TB Berpeluang Dibeli PLTGU Tambak Lorok Semarang

Suara Bojonegoro     Rabu, November 02, 2016    

Rabu, 02 November 2016
Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - Adanya peluang besar gas dari Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (TBR) yang dioperatori PT Pertamina EP Cepu (PEPC), untuk dibeli oleh Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok yang dioperasikan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan (UP) Semarang ini disampaikan oleh Manajer Operasi Indonesia Power UP Semarang, Dony Bakar, Rabu (2/11/2016).

Dirinya juga telah mendengar jika di Kabupaten Bojonegoro ada kandungan gas cukup besar dan akan segera diusahakan. Tepatnya dari Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (TBR) yang dioperatori PT Pertamina EP Cepu (PEPC).

"Ada Peluang kita akan membeli Gas dari sana akan tetapi kita lihat dulu," Katanya.

Disampaikan kepada Pimpinan Media saat kunjungan ke lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Tambak Lorok yang dioperasikan PT Indonesia Power Unit Pembangkitan (UP) Semarang, hingga kini masih sangat membutuhkan suplai gas. Karena, di jam-jam tertentu, atau ketika penggunaan listrik tengah tinggi, maka kebutuhan gas signifikan.

Dia juga menjelaskan, sampai sekarang ini baru ada kiriman dari Blok Kepodang wilayah Muria yang dioperatori Petronas Carigali, sebanyak 116 Million Matric Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD) atau Juta Standar Kaki Kubik per Hari (gas).

Juga dari Blok Gundih yang dioperatori PT Pertamina EP Asset 4 sebanyak 50 MMSCFD sejak 14 Mei 2014. Gas dari Blok Gundih sesuai Perjanjian Jual Beli Gas (PJBG) tahun 2014 lalu rutin dialirkan oleh PT Sumber Peterindo Perkasa (SPP) ke Tambak Lorok. PT SPP yang mengalirkan hingga kini sampai ke Tambaklorok melalui pipa sepanjang 123 kilometer dengan besar 20 inci. Blok Gundih sendiri berada di Desa Sumber, Kecamatan Keradenan, Kabupaten Blora, Jawa Tengah.

"Sementara gas yang dari Blok Kepodang ditarik dengan pipa bawah laut sepanjang 209 km di lepas utara Kabupaten Rembang," tegasnya saat kunjungan pimpinan media se wilayah kerja Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Perwakilan Jawa, Bali dan Nusa Tenggara (Jabanusa) di Semarang. (Ang*)


© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .