Hadapi Banjir, BPBD siagakan Personil dan Siapkan Logistik

Suara Bojonegoro     Sabtu, November 26, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Kenaikan Tinggi Muka Air ( TMA) Bengawan Solo, Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten Bojonegoro mulai melakukan kesiapan. Sejak pagi tadi, Sabtu (26/11/2016) BPBD Bojonegoro sudah mulai menyiapkan logistik.

Seperti yang disampaikan Kepala BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo mengatakan, kesiapan menghadapai kondisi siaga merah sudah diintensifkan oleh BPBD, menurutnya, pagi tadi dirinya bersama beberapa personil menyiapkan logistik.

"Beberapa kita siagakan di BPBD jalan Ahmad Yani. Selama ini logistik di Taman Evakuasi Banjir Bahagia ( Ebaga ) Kecamatan Trucuk," katanya.

Selain itu sejak siang tadi di lakukan pengecekan doorlat di sepanjang tanggul diwilayah kota. Mulai dari menyiapkan papan kayu penutup doorlat sampai kesiapan sak berisi karung pasir.

Sementara itu logistik dan peralatab kebencanaan yang tersedia antara lain 11.950 lembar glangsing atau sak, 399 lembar terpal. 1.615 lembar selimut, 208 lembar tikar.940 sesek atau anyaman bambu, 219 meter kubik pasir.

Sedangkan untuk lauk pauk 528 paket, 540 makanan  tambahan gizi, 192 makanan siap saji, 459 bongkotan/bambu. 25 paket sandang, 42 kidware, 104 familly kid, 60 matras,35 paket kesehatan keluarga dan beras tersedia 17.965 kilogram.

"Siang tadi beberapa personil BPBD mulai menyiapkan peralatan yang akan digunakan untuk menutup doorlat, mulai papan kayu dan sak berisi pasir. Beberapa doorlat di sepanjang jalan rajekwesi. logistik juga disiapkan dan jika sewaktu waktu dibutuhkan akan segera didiatribusikan," imbuhnya.

Penutupan doorlat akan dilakukan jika TMA did angka 14.90 peilschal yang diperkirakan pukul 18.00 WIB. Selain itu nantinya akan dilakukan penjagaan yang melibatkan unsur TNI,Polri dandab Satlinmas.

Dihimbau kepada seluruh masyarakat untuk berperan aktif dan turut bersama PNS,TNI dan Polri serta Satlinmas dalam penanganan kondisi banjir ini.
Sementara itu beberapa warga di Gang Tambangan 1 Mulai menyiapkan untuk mengamankan barang barangnya.

Sahlan, salah satu warga setempat menuturkan, kenaikan air sangat cepat. Padahal pagi tadi air masih jauh dab di bibir sungai.Kini sudah hampir tiga perempat gang sudah mulai merasakan dampak kenaikan Air Sungai Bengawan solo

"Beberapa warga mulai siap siap beberapa diantaranya bahkan bersiap siap mengamankan barangnya," ujar Sahlan.

Masih kata Sahlan bahwa Bupati tadi berpesan kepada warga yang dekat dengan doorlat agar menutup atau memasang ketika ketinggian air sudah menyentuh pintu doorlat.(Wan/Lis).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .