Harga Bawang Melonjak Sejak Musim Penghujan

Suara Bojonegoro     Kamis, November 03, 2016    

Kamis, 03 November 2016
Reporter : Lina Nur Hidayah

suarabojonegoro.com - Selain harga cabai kenaikan juga terjadi pada jenis bumbu dapur lainnya,  seperti bawang merah dan bawang putih yang mengalami kenaikan sejak musim penghujan. Mahalnya bumbu dapur tersebut disebabkan oleh curah hujan yang tak menentu yang mengguyur hampir setiap wilayah. Seperti yang disampaikan Umi salah satu pedagang bumbu dapur di pasar Bojonegoro kota. Kamis,  (2 /11/16).

“Selain cabai,  yang mahal bawang merah dan bawang putih yang naik sebesar 20 ribu rupiah perkilogramnya,” katanya

Harga bawang merah tersebut sebesar 40 ribu rupiah perkilogramnya padahal biasanya bawang merah dijual dengan harga 20 ribu rupiah perkilogram.
Sementara,  kenaikan harga juga terjadi pada bawang putih dari 25 ribu rupiah perkilogramnya menjadi 30 ribu rupiah perkilogramnya.

“Kenaikan bawang merah dan bawang putih disebabkan oleh gagal panennya petani karena musim hujan sehingga stok bawang dengan kualitas bagus terbatas, “tambah Umi

Selain itu,  untuk harga tomat masih stabil dengan harga 6 ribu rupiah perkilogramnya dan diperkirakan harga tersebut akan terus stabil meski musim penghujan,  pasalnya pasokan tomat dari petani cukup banyak.

“Kalau harga tomat jarang naik dan diperkirakan tak akan naik karena jumlah tomat dari petani sangat banyak dan kualitasnya juga bagus,.” tambah pedagang ini. (Lin/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .