Inilah Kemeriahan Festival Belimbing di Desa Ngringinrejo Kecamatan kalitidu

Suara Bojonegoro     Minggu, November 13, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Festival belimbing ke 3 yang berlangsung hari ini, Minggu (14/11/16) pagi, di kebun blimbing turut Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro, sanga meriah. Rombongan Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono mendapat sambutan yang meriah. Mulai dari penampilan drumband SDN Pungpungan 2, sampai tampilan seni lesung oleh ibu-ibu yang menjadi daya tarik tersendiri.

Kemeriahan Festival belimbing sudah terasa sejak pagi,warga sekitar sudah berkumpul di depan balai desa setempat. Tak hanya membawa hasil kebun, kaum perempuan membawa nasi tumpeng, sedangkan remaja putra dan putri membawa aneka sesaji ritual festival. Iring-iringan dimulai dari depan balai desa.

Pemukulan kentongan menjadi pembuka acara festival belimbing. Selanjutnya Wabup berkenan melihat penilaian kontes belimbing, dilajutkan rombongan mencicipi belimbing.

Acara dilanjutkan dengan ritual yang dipimpin oleh sesepuh desa ki Zaenuri. Sesepuh desa membacakan beberapa doa mengharap agar Allah SWT melindungi kebun belimbing warga dan tahun kedepan buah belimbing akan memberikan hasil yang bagus.

"Ritual ini merupakan bentuk permohonan dan wujud syukur, agar Allah memberikan berkah yang kepada seluruh petani belimbing Desa Ngringinrejo," katanya.

Janur yang telah didoakan kemudian dibagikan kepada seluruh petani belimbing kemudian di pasang di sudut sudut kebun warga. Warga percaya bahwa janur kuning yang telah didoakan akan membawa pertanda baik.

Sementara itu Wakil Bupati Bojonegoro, Setyo Hartono dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara seperti ini suatu kehormatan tersendiri karena bisa hadir, belimbing membawa nama Bojonegoro sehingga banyak warga yang datang untuk menngunjungi sentra belimbing. Untuk meningkatkan kualitas pertanian utamanya belimbing bisa berkonsultasi dengan pertanian.

"Tanaman ini adalah berkah dari Allah harus dirawat dan dijaga. Warga harus saling rukun dan menjaga agar keberkahan ini semakin melimpah di bumi," kata wabup.

Dalam Festival belimbing kali ini panitia menyediakan tiga gunungan. Ada dua gunugan yang diarak, masing-masing berisi belimbing dan sayuran. Untuk gunungan yang diperebutkan panitia membuat satu gunungan raksasa yang mempunyai tinggi 4 meter. Gunungan raksasa yang mempunyai berat kurang lebih 2 ton itu diletakan di tengah lapangan dekat kebun. Tak butuh waktu lama warga menyerbu gunungan tersebut.(Wan/Lis).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .