Kedekatan Kang kuswiyanto Dengan Petani & Peternak, Untuk Wujudkan Lumbung Pangan

Suara Bojonegoro     Kamis, November 24, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - kelompok Tani dan Peternak Deasa Ngampel, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro melakukan pemanfaatan secara optimal terhadap tanaman dilahan pertanian karena kondisi lahan pertanian yang semakin menyempit di wilayah Kecamatan Kapas, khususnya  Desa Ngampel dimanfaatkan secara optimal oleh sebagian masyarakat desa yang tergabung dalam

Dalam tinjauanya di lahan sekitar 7 hektar milik Kelompok Tani dan Peternak Omah Embek ini, membuat Kuswiyanto yang anggota DPR RI Komisi VIII ini bangga. Betapa tidak, di era seperti ini masih ada generasi muda yang mau bersusah payah naik turun pematang untuk terus berusaha mengembangkan budidaya pertanian di wilayahnya.

Pengurus Karang Taruna Desa Ngampel, Ridwan masih mempunyai kemauan dan tekad kuat untuk terus bergelut dengan pertanian. Bersama pendampingnya, berusaha mengoptimalkan lahan kelompok tani dengan berbagai macam tananam produksi pertanian di samping padi. Di antaranya bawang merah, lombok, terong, kacang tanah dan tak kalah menariknya adalah okra.

Okra atau Jari Wanita ini adalah tanaman asli benua Afrika yang tentu mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia beberapa tahun terakhir . Okra bisa dimanfaatkan sebagai bahan sayur mayur yang konon mengandung bebagai macam khasiat bagi yang  mengkonsumsinya.

"Ini adalah model cara bertani yang patut ditiru oleh petani kita sekarang karena kondisi lahan yang semakin hari semakin menyempit karena pemukiman," terang Kang Kus sapaan akrabnya.

Kepedulian Kang Kuswiyanto tak diragukan lagi terhadap pertanian di Bojonegoro. Terbukti dengan selalu mendatangkan Tenaga Ahli Pertanian dan Peternakan bagi masyarakat petani yang membutuhkan bimbingan.

"Mayoritas masyarakat Bojonegoro adalah petani,  harapannya Visi Bojonegoro untuk mewujudkan Lumbung Pangan ini bisa benar-benar terealisasi," jelas sahabat dekat. (Ang/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .