Kemenkes Dan DPR-RI Kampanyekan Germas

Suara Bojonegoro     Selasa, November 29, 2016    

Reporter : Nella Rachma

Suarabojonegoro.com - Dalam upaya meningkatkan kesadaran kesehatan masyarakat, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia turun langsung memberikan sosialisasi Gerakan Masyarakat Sehat di Kabupaten Bojonegoro dengan menggandeng DPR-RI. Senin (28/11) pagi tadi. Acara ditandai dengan menyantap buah bersama seluruh peserta sosialisasi.


Acara yang berlangsung di Koperasi Berdikari Jalan Panglima Polim Bojonegoro ini diikuti oleh ja jajaran Dinas kesehatan Kabupaten Bojonegoro, organisasi wanita seperti Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita Persatuan, Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (perwosi) Bojonegoro, Muslimat NU dan Aisyiah. Selain itu hadir pula seluruh Kepala Puskesmas di wilayah Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bojonegoro,dr. Sunhadi pembangunan kesehatan melibatkan beberapa sektor tidak terfokus pengobatan namun pada tataran sebelumnya yakni pencegahan dan penerapan pola hidup sehat. GERMAS ini bertujuan merubah paradigma mulai dari ibu hamil, bayi lahir, hidup sampai dewasa.


Sementara itu menurut Widiawati Harini dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pergeseran perilaku penyakit dari penyakit menular menjadi tidak menular atau kecenderungan pola hidup yang kurang sehat. Kemenkes, dalam hal upaya mendukung revolusi mental ini melalui gerakan masyarakat hidup sehat.

" Melalui konsep CERDIK adalah upaya mewujudkan pola hidup yang baik. ," tambahnya.

Yaitu,lebih lanjut C ataua  cek kesehatan secara rutin, E adalah enyahkan asap rokok. R yakni Rajin aktifitas fisik, Dengan Konsumsi sayur dan buah, istirahat cukup, Kelola setres dengan baik. Dijelaskan dilingkupnya setiap jam 10.00 wib dan jam 14.00 WIB di Kemenkes melakukan peregangan untuk mengurangi setres, hal ini dalam upaya peningkatan kualitas kerja aparat juga.

Widia juga menyampaikan GERMAS bukan semata mata program milik dinas kesehatan namun harus di sebarluaskan kepada masyarakat dan perubahan gaya hidup harus dimulai dari diri sendiri dan rutin dilaksanakan selain itu faktor resiko penyebab penyakit tidak menular Karena beberapa hal antara lain kurang aktifitas fisik, kurang mengkonsumsi buah dan sayur.

"Mengkonsumsi alkohol dan merokok adalah pola dan aktifitas Buang Air Besar di Sembarang tempat adalah aktifitas yang merugikan," jelasnya. (Ney/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .