Kuswiyanto, Kembalikan Kejayaan Hutan Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Rabu, November 09, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro


suarabojonegoro.com - Hutan yang semakin menipis diwilayah Bojonegoro menggugah beberapa masyarakat dan tokoh masyarakat untuk mengembalikan kejayaan Hutan dengan melakukan kegiatan diantarabya adalah Gerakan Penanaman (Ground Breaking) 2016 yang memang sangat apresiatif.

Dalam Kegiatan yang diinisiasi oleh Perhutani wilayah Bojonegoro ini bertujuan mengembalikan kondisi hutan yang semakin hari semakin gundul dan tak produktif, "Kita bisa Bayangkan dari 100% luas hutan Bojonegoro ini yang produktif hanya kisaran 40%nya," terang Ir. Erwin ADM Perhutani Bojonegoro.

Gerakan Penanaman ini dilakukan murni swadaya karyawan Perhutani dan masyarakat, karena memang minimnya dana yang dimiliki Perum Perhutani
Kegiatan yg dilakukan di Petak 148.A RPH Sugihan, BKPH Tretes KPH Bojonegoro dilakukan secara kontinue diseluruh BKPH agar semua wilayah hutan Bojonegoro kembali menghijau, beberapa tanaman yg terus ditanam diantaranya adalah Jati dan Kesambi.

Dalam kesempatan menanam bersama ini Kang Kuswiyanto selaku DPR RI Komisi VIII yang membidangi Bencana tentu sangat mengapresiasi, utamanya dalam Pemberdayaan Masyarakat sekitar hutan, produktifitas hutan, kesejahteraan dan penanggulangan bencana menyampaikan bahwa keberadaan hutan Bojonegoro yanh pernah mengalami kejayaan harus dikembalikan.

"Memberdayakan masyarakat sekitar hutan dalam pengelolaan hutan tentu akan mampu mengurangi perilaku negatif masyarakat yang masih kerap merusak hutan dengan pencurian dan pembalakan liar, ini terjadi karena memang urusan kesejahteraan, jika ini mampu sedikit demi sedikit diatasi dg memberdayakan mereka tentu hutan Bojonegoro akan kembali normal," Jelas Kang Kuswiyanto.

Dg normalnya kondisi hutan tentu Produktifitas hutan kita akan kembali naik, kesejahteraan masyarakat sekitar meningkat dan bencana hutan yg diakibatkan oleh rusaknya juga akan dapat diminimalisir.

Kejayaan Hutan Bojonegoro seperti masa lampau akan kembali tercapai seiring semangat membangun Bojonegoro yang semakin dikenal dunia dalam segala aspek kehidupan dan Sumberdaya Alam diantaranya  potensi hutan Bojonegoro utamanya Jati yg sudah dikenal masyarakat dunia sejak puluhan tahun silam.

"Pada waktunya nanti jika kita mau dan peduli dengan hutan, maka kejayaan hutan Bojonegoro dapat kita kembalikan," tegas Pembina Kehormatan Kampung Siaga Bencana Bojonegoro ini (Anugerah ini diberikan oleh Ditjen Perlindungan Jaminan Sosial Direktorat Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam, Kemensos pada pembentukan Kampung Siaga Bencana Gondang, Bojonegoro beberapa waktu yang lalu. red). (Ang/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .