Laznas LMII Bojonegoro Imbau Warga Salurkan Zakat Ke Lembaga ResmiResmi

Suara Bojonegoro     Jumat, November 25, 2016    

Reporter : Bima Rahmad


suarabojonegoro.com - Perlu kita ketahui bersama bahwa pada bulan november tahun 2016 inilah,akan efektif berlaku UU Zakat terbaru nomer 23 tahun 2011.Undang-undang zakat tersebut merupakan UU terbaru dari yang sebelumnya UU zakat lama ( no 38 th 1999).Kalau di UU lama namanya adalah UU tentang pengelolaan zakat.Akan tetapi kalau di UU terbaru namanya adalah UU Zakat,infaq,shodaqoh (ZIS).

Selain perbedaan nama,ada perbedaan yang mencolok dalam dua UU tersebut.Diantaranya adalah tidak diperkenankannya kelompok masyarakat atau organisasi untuk mengelola zakat, apabila kelompok masyarakat atau organisasi tersebut tidak memiliki izin sebagai Lembaga Amil Zakat (LAZ).

Dan ditingkat kabupaten atau daerah hanya LAZ yang telah mengantongi izin minimal sebagai LAZ propinsi yang diperbolehkan mengambil zakat masyarakat.Hal tersebut di sampaikan oleh Resma Edhi satria,Kepala kantor layanan LAZNAS LMI,sebuah lembaga amil zakat tingkat nasional yang ada di kota ledre Bojonegoro.

Resma menghimbau warga Bojonegoro yang ingin berzakat supaya selektif dalam memilih Lembaga amil zakat.Karena disamping alasan keamanan,izin lembaga yang paling penting juga adalah para muzakki (orang yang berzakat) mengetahui dengan betul kiprah program-program pendayagunaan LAZ tersebut Khususnya untuk memajukan masyarakat Bojonegoro.

”Dengan adanya UU ZIS terbaru maka sekarang tidak semua pihak misal takmir masjid,sekolahan,atau kelompok-kelompok bisa mengambil zakat dari masyarakat.Dan insyaallah lembaga kami LAZNAS Lembaga manajemen infaq Bojonegoro siap menerima,mengelola serta menyalurkan Zakat,Infaq,Shodaqoh warga Bojonegoro secara aman,transparan dan program-program untuk masyarakat Bojonegoro pula.”Pungkas Resma. (Bim/Red)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .