Mahasiswa Fakultas Hukum Unigoro Adakan Studi Lapang di Kantor Kejari Bojonegoro

Suara Bojonegoro     Kamis, November 24, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Puluhan mahasiswa Universitas Bojonegoro, dari Fakultas Hukum semester 3, 5, dan 7 pagi tadi, Rabu (23/11/16) mengunjungi kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Bojonegoro. Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka study lapangan mengenai tupoksi dan peran kejaksaan negeri.

Saat di kantor Kejari Bojonegoro, puluhan mahasiswa yang dipimpin oleh presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum, Imam Mujtaba itu ditemui langsung oleh Kepala Kejari, Kasi Pidum, Kasi Intel.

Dikatakan oleh presiden BEM Fakultas Hukum Unigoro Imam Mujtaba, kedatangan mahasiswa mahasiswi ke kantor kejari Bojonegoro untuk belajar mengenai institusi Kejari, mengenai bagaimana tugas pokok dari institusi Kejari, dan bagaimana cara intitusi tersebut bekerja dalam menangani kasus dan mngungkap kebenaran dan kesalahan, demi keadilan.

"Kegiatan ini dilakukan karena mengingat layaknya seorang mahasiswa itu belajar, belajar bagaimana cara agar mereka berpengalaman ketika nanti sudah terjun ke masyarakat. Paling tidak kita mengetahui cara mencari kebenaran dan bagaimana keadilan yang sebenarnya di dalam masyarakat jika terjadi suatu kasus atau masalah," kata Imam yang juga seorang santri di Ponpes Ceweng Dander tersebut.

Ia melanjutkan, study di kantor kejari Bojonegoro ini dilakukan juga sebagai penunjang atau untuk melengkapi materi yang sudah didapat dari kampus. Mahasiswa juga belajar menegenai substansi dari pada intitusi kejaksaan negeri untuk memeperluas wawasan pengetahuan di bidang hukum.

Yang memotifasi mahasiswa tersebut untuk berkunjung ke kejari adalah mahasiswa fakultas hukum mampu mengetahui kasus atau permasalahan yang sering terjadi di Kabupaten Bojonegoro sampai saat ini.

"Dari hal itulah juga yang membuat kami semangat dalam belajar, mengingat mahasiswa adalah agent of change. Sebagaimana layaknya seorang mahasiswa mereka dituntut untuk mengabdikan diri dan memanfaatkan ilmu yang mereka dapat untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat. Mahasiswa bukan hanya menjadi penggembira, namun sebagai penyuluh dalam masyarakat," tegasnya.

Salah satu peserta kunjungan, Anis Sholihah mengaku sangat senang dengan proker BEM fakultas Hukum Unigoro yang bersifat fakultatif serta edukatif ini.

"Kegiatan seperti ini sangat berguna untuk menunjang materi yang kami dapat dari bangku perkuliahan dan bisa memperluas wawasan di dunia hukum. Dan kita berharap semoga bisa belajar lagi ke institusi-institusi yang lain," ucap Anis.

Beberapa materi disampaikan oleh pihak kejari Bojonegoro, seperti materi penjelasan tentang bagaimana menangani tindak pidana khusus dan pidana umum.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .