Mekarnya Bunga Wijaya Kusuma Milik Warga Balen

Suara Bojonegoro     Selasa, November 08, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Bunga Wijaya Kusuma yang mempunyai nama latin Epiphyllum Anguliger tumbuh subur di depan rumah Fauzan, warga Desa Sarirejo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Bunga yang masih tergolong jenis kaktus ini dinilai banyak kemitosanya. Memang bunga wijaya kusuma ialah salah satu macam dari jenis bunga yang cukup unik. Bunga
wijaya kusuma memilki mitos dan misteri yang mengejutkan salah satunya ialah bunga wijaya kusuma akan mekar dimalam hari saja, yaitu di tengah malam. Dan kemudian akan layu di pagi harinya.

Saat ini Fauzan memiliki satu buah pohon bunga Wijaya kusuma. Bunga yang tumbuh tepat berada di depan rumahnya itu mempunyai sekitar 7 batang.

Bunga kusuma wijaya cukup dikenal di masyarakat, selain mekar di tengah malam, bunga tersebut bentuknya juga sangat indah dan aromanya saat mekar sangat harum sekali. maka tidak heran banyak orang yang ingin melihat mekarnya dari salah satu bunga yang unik ini.

Saat ditemui dirumahnya, Fauzan menerangkan awal mula ia memperoleh bibit bunga yang dinilai langka tersebut, dari daerah pegunungan Kabupaten Tuban.

"Dulu bibitnya dari daerah gunung mas, saat ini satu pohon yang tumbuh subur. Tadi malam mekarnya," terang Fauzan yang juga anggota pendekar salah satu organisasi Pencak Silat itu. Selasa (8/11/16).

Lebih lanjut ia menerangkan, berdasarkan cerita dari sesepuh yang ia kenal, bunga Wijaya kusuma tersebut mempunyai banyak mitos, antara lain konon di jaman terdahulu para raja di Indonesia apabila ingin naik tahta, terlebih dahulu harus memetik bunga wijaya kusuma tersebut, yakni dipetik saat bunga tersebut sudah mekar. Konon pada zaman dahulu bunga tersebut direbut oleh 40 orang. Bunga
kusuma wijaya berasal dari daratan amerika selatan, lalu menyebar di Cina dan masuk di Negara Indonesia pada zaman majapahit tersebut.

"Konon apabila bunga wajaya kusuma mekar dan pemilik tersebut melihatnya, maka dia akan memperoleh rezeki yang berlimpah. Maka tidak heran apabila orang jawa sebagian percaya bahwa jikaorang tersebut melihat bunga wijaya mekar maka dia akan mendapatkan rezeki. Mitos yang lain lagi ialah bunga wijaya kusuma wijaya merupakan sebagai
pusaka keraton dwarawati, yakni sebagai titisan dewa wisnu," jelasnya.

Dari ke 7 batang bung Wijaya milik Fauzan tersebut, saat ini bunganya sudah banyak yang berbentuk kuncup. Diperkirakan 2 sampai 3 malam kedepan bakal mekar lagi.

"Saat ini banyak yang sudah kuncup lagi mungkin 3 malam kedepan mekar lagi," imbuhnya.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .