Para Tentara Dan Petani Buru Tikus Untuk Peningkatan Kualitas Hasil Panen

Suara Bojonegoro     Rabu, November 02, 2016    

Rabu, 02 November 2016
Reporter : Bimma Rachmad

suarabojonegoro.com - Memasuki musim tanam padi, Jajaran TNI dari Koramil 02 Kapas, Kodim 0813 Bojonegoro bersama UPT Pertanian Kecamatan Kapas dan Kelompok Tani (Poktan) Desa Padangmentoyo gotong-royong memberantas hama tikus dilahan persawahan Desa setempat.

Kegiatan dilakukan untuk mencegah serangan hama tikus pada saat usia tanaman padi mulai dewasa, juga sebagai tindaklanjut dalam rangka meningkatkan swasembada pangan nasional yang menjadi program pemerintah Indonesia.

“Selain itu, juga untuk percepatan  Luas Tambah Tanam (LTT) untuk menjadikan Bojonegoro sebagai lumbung pangan di Jawa Timur. Untuk itu, sebelum tanam padi ini dimulai hama tikus harus dibasmi” ungkap Danramil 0813-02/Kapas Kapten Inf Tanuri, disela-sela memimpin kegiatan gropyok tikus.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan program kerja terpadu antara Koramil, Kelurahan, UPT dan Kelompok Tani (Poktan) dalam rangka swasembadapangan. Jika swasembada pangan meningkat, maka ketahanan pangan akan terwujud. Sehingga, tingkat kesejahteraan petani juga turut meningkat.

Secara teknis, sebelum dilakukan kegiatan gropyok tikus tersebut, para petani diberikan penyuluhan oleh Petugas Penyuluh Lapangan (PPL), bagaimana cara untuk meningkatkan ketahanan pangan di Bojonegoro.

“Diantaranya melalui percepatan Luas Tambah Tanam dan upaya mengatasi hama tikus yang selama ini mengganggu produksi pertanian, juga kegetian seperti akan terus berlanjut seminggu sekali di Desa-Desa diwilayah Kecamatan Kapas” ujar Danramil 0813-02/Kapas Kapten Inf Tanuri menambahkan. (Bim/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .