PEMILIHAN BUPATI BOJONEGORO SEHARI DAN PENDIDIKAN POLITIK

Suara Bojonegoro     Senin, November 28, 2016    

Oleh : Said Edy Wibowo

suarabojonegoro.com - Sebuah kegiatan yang menarik untuk di simak dan diikuti secara seksama . Melalui Kegiatan “Kang Yoto Leadhership Challenge 2016” (KYLC 2016), KYLC adalah sebuah kegiatan  yang di gagas oleh Kang Yoto Bupati Bojonegoro, sebuah kegiatan yang melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati sehari , pada kegiatan ini juga dilaksanakan pemilihan langsung melalui  penyampaian visi dan misi calon bupati  dan wakil bupati melalui beberapa tahapan  dan dilanjutkan pemiihan langsung bupati dan wakil bupati bojonegoro sehari. Kegiatan KYLC mempunyai tujuan ;menjadikan generasi muda seorang pemimpin berani dan jujur; membuka kesempatan bagi siswa/siswi SMA/MA/SMK untuk belajar terjun nyata dalam proses pemilihan pemimpin daerah; memberi pelajaran bagi siswa SMA/MA/SMK  menjadi pemimpin yang baik dan jujur.

Melihat tujuan diadakan kegiatan KYLC 2016 bisa kita lihat bersama bahwa kang  yoto selaku Bupati Bojonegoro ingin memberikan pembelajaran politik bagi generasi penerus yang ada di bojonegoro untuk para siswa/siswa Di usia SMA/MA/SMK dimana pada usia ini tingkat emosi dan kematangan pribadi anak masih belum mumpuni dan jika diusia pemilih pada usia ini adalah usia pemilih pemula yang belum tau seluk beluk tentang dunia politik akan tetapi Kang Yoto yakin dan percaya dengan peserta dari SMA/ MA /SMK mampu untuk menjadi Bupati Bojonegoro yang sesungguhnya dengan memimpin rapat satker dan kepala Dinas instansi yang ada.

Dan tiga bupati dan wakil bupati sehari dari tiga zona yang berbeda pun terpilih  dari zona timur , tengah dan barat.adu konsep, tes dan pilihan oleh peserta itulah kompetensi yang harus dijalani oleh masing masing calon Bupati dan wakil bupati sehari, barang kali kalo boleh memberikan apresiasi ini adalah cara Kang Yoto untuk mengenalkan politik produktif secara dini , agar kedepan mereka bisa pemimpin yang lebih hebat dan tangguh.
Mengapa Siswa SMA/MA /SMK
Pada kegiatan KYLC 2016 peserta yang boleh ikut adalah siswa dari SMA/MA/SMK dari unsur ketua Osis dan sekretaris osis.

Ini adalah sebuah kepercayaan yang luar biasa bagi perkembangan Anak usia remaja, karena pada usia remaja ,  menurut Piaget (dalam Santrock, 2001), seorang remaja termotivasi untuk memahami dunia karena perilaku adaptasi secara biologis mereka. Dalam pandangan Piaget, remaja secara aktif membangun dunia kognitif mereka, di mana informasi yang didapatkan tidak langsung diterima begitu saja ke dalam skema kognitif mereka. Remaja sudah mampu membedakan antara hal-hal atau ide-ide yang lebih penting dibanding ide lainnya, lalu remaja juga menghubungkan ide-ide tersebut.

Seorang remaja tidak saja mengorganisasikan apa yang dialami dan diamati, tetapi remaja mampu mengolah cara berpikir mereka sehingga memunculkan suatu ide baru. Perkembangan kognitif adalah perubahan kemampuan mental seperti belajar, memori, menalar, berpikir, dan bahasa. Piaget (dalam Papalia & Olds, 2001) mengemukakan bahwa pada masa remaja terjadi kematangan kognitif, yaitu interaksi dari struktur otak yang telah sempurna dan lingkungan sosial yang semakin luas untuk eksperimentasi memungkinkan remaja untuk berpikir abstrak.

Piaget menyebut tahap perkembangan kognitif ini sebagai tahap operasi formal (dalam Papalia & Olds, 2001). Dengan pendapat dan pandangan di atas bahwa pada usia remaja sebenarnya sudah mampu dan mumpuni untuk berinteraksi menjadi seorang pemimpin yang handal dan tangguh sesuai dengan tujuan KYLC 2016, akan tetapi masih perlu bimbingan dan arahan agar kelak saat menjadi pemimpin yang sesungguh sudah mampu menjabarkan sebuah pemikiran –pemikirannya.

Selain itu dengan melibatkan SMA/MA/SMK adalah sebuah terobosan yang luar biasa dimana dua komponen Sekolah / Madrasah bisa bersinergi membangun peradaban politik dibojonegoro yang kita tau semua dua Komponen sekolah/ Madrasah adalah sama –sama lembaga pendidikan yang mencerdaskan anak bangsa di bawah Naungan Dinas SMA/SMK dan MA Dibawah kementerian Agama Republik Indonesia . karena dilembaga yang berbeda kemudian bersama sama dalam sebuah event penting perlu terus menerus bersinergi untuk kegiatan kedepan untuk selalu bersama dalam rangka membangun kecerdasan anak-anak Bojonegoro.

Pendidikan Politik sejak Dini

Melihat kondisi saat ini, sekiranya perlu diadakan pendidikan politik di usia dini, agar para generasi muda sudah mendapatkan pandangan politik yang benar sesuai dengan keinginan yang sebenarnya. Karena para generasi muda adalah generasi yang mengambil contoh dari pengalaman generasi tua. bukan tidak mungkin generasi muda tertarik masuk ke dunia politik , pada KYLC 2016 adalah Cara Memasukkan pelajaran dasar-dasar perpolitikan ke kurikulum sekolah menengah Atas yang harusnya sudah mulai diberikan dan pada KYLC 2016 sudah dimulai meletakkan dasar dasar politik pada usia remaja

Selain itu saat ini usia remaja sudah memasuki usia daftar pemilih dalam pemilu. Bila tidak diberi gambaran arah yang benar, bukan tidak mungkin para remaja hanya sekadar memilih saja menggugurkan kewajiban tanpa adanya penilaian kriteria yang seharusnya diketahui.  Remaja sudah bukan lagi anak yang masih lugu dan belum bisa berpikir.

Mereka sudah tumbuh beranjak dewasa, pemikiran mereka sudah berkembang, meskipun dalam masa transisi masa kanak-kanak ke masa dewasa ini mereka masih senang dengan hal bermain. Saat remaja inilah masa pencarian jati diri dimulai. Pada KYLC 2016 pada penyampaian Visi dan misi adalah bentuk pembelajaran kampanye politik, pastilah ada satu atau dua calon Bupati yang berusaha menunjukkan dirinya yang terbaik dibandingkan  Calon  yang lain.

Hal ini berarti wajar karena mereka berusaha meyakinkan kepada Pemilih  tentang kesanggupan dirinya dan kesiapannya dalam memimpin. Namun hal ini juga bisa dianggap salah jika Calon tersebut melakukan hal yang menjelek-jelekkan Calon Bupati yang Lain.

Pada KYLC 2016 juga bagian pembelajaran bagi Calon Bupati dan wakil bupati  tentang  budi pekerti yang baik dan cara Kampanye yang elegant dan bersahaja. Setelah beberapa tahapan proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro sehari  Secara mengejutkan dan diluar Prediksi awal semua yang terpilih adalah perempuan semua . hal ini sungguhh diluar dugaan sebelumnya artinya pada pemilihan bupati dan wakil bupati bojonegoro sehari menunjukkan betapa hebat dan luar biasa  perempuan bojonegoro, Akhirnya selamat melaksanakan tugas menjadi Bupati dan wakil Bupati sehari dan jadikan pengalaman untuk semua pihak yang terkait untuk merangkul semua elemen masyarakat Bojonegoro dalam rangka investasi sumber daya Manusia Masyarakat Bojonegoro menuju Bojonegoro Matoh dan Bermartabat.


*) Guru Madrasah Aliyah Negeri Padangan dan Pelatih Pembina Pramuka Bojonegoro

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .