Pemkab Bojonegoro Undang Puluhan Jurnalis pada Acara Workshop HAM

Suara Bojonegoro     Senin, November 28, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Puluhan jurnalis di Kabupaten Bojonegoro siang tadi, Senin, (28/11/2016) memenuhi ruang Co Creation Lantai 2 Gedung Pemkab Bojonegoro dalam rangka diskusi bersama terkait Hak Asasi Manusia (HAM).

Workshop HAM yang merupakan rangkaian Festival HAM di Bojonegoro tersebut diinisiatori oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan International NGO Forum on Indonesian Development (INFID).

Selain Jurnalis, acara ini dihadiri juga oleh Senior Program Officer INFID Untuk HAM dan Demokrasi, Mugiyanto, dan Komisioner Komnas HAM, M Nurkhoiron. Dan beberapa perwakilan blogger Bojonegoro, dan mahasiswa.

"HAM merupakan hak yang melekat sejak lahir, dia tidak terpengaruh status atau apapun," kata pria yang pernah menjadi korban penculikan pada tahun 1998 dulu itu.

Ia memaparkan, ada beberapa dasar hukum di Indonesia terkait HAM, yakni Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 Pasal 27, 28 a sampai j, 29, 31, 33, dan Pasal 34. Kemudian, Undang-Undang Nomor 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM. Dan, ratifikasi 8 dari 9 konvensi HAM PBB.

Acara berlangsung hangat, beberapa pertanyaan terkait praktek HAM dan kasus HAM di Bojonegoro didiskusikan pada forum ini.

"Ada 2 jalur penyelesaian kasus HAM, pertama secara yudisial dan non yudisial," Ungkapnya.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .