Pemuda Sumbertlaseh Gelar Acara Ngaji Bareng dan Disukusi Pertanian

Suara Bojonegoro     Jumat, November 11, 2016    

Reporter : Iwan.Zuhdi


suarabojonegoro.com - Puluhan pemuda yang tergabung dalam organisasi Karang Taruna "Sumber Karya" Desa Sumbertlaseh Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro, Kamis, (10/11/16)  mengundang beberapa orang yang ahli bidang pertanian. Dalam forum yang diisi pengajian dan rembug pemuda tersebut, turut hadir Djoko PW selaku Kabid SDM Dinas Pertanian Bojonegoro dan Zainal Fanani selaku Kabid Produksi Dinas Pertanian Bojonegoro.

Dalam acara ngaji rutinan tersebut, karang taruna Sumber Karya, mencoba menambahi dengan beberapa materi terkait pertanian. Rangkaian acara yang dimulai dengan membaca tahlil bersama tersebut dimulai sekitar pukul 19.00 WIB.

Salah satu anggota Kartar Almukminin bertanya kepada kedua pemateri, "Bagaimana cara Mengendalikan tanaman agar tidak terkena slundep? "Disusul penanya yang berikutnya Edhi Purwanto, "Bagaimana cara bertanam dilahan yang sering tergenang banjir & mengantisipasi Tanaman padi biar tidak roboh tertiup angin?. Kedua nara sumber menjawab secara detail dari pertanyaan tersebut.

Zainal Fanani menyimpulkan, kunci pertanian yakni, kalau berharap tanaman menjadi sehat maka tanah juga harus sehat dan jangan berharap banyak kalau tanah masih tidak sehat. "Yang utama adalah tanah harus sehat dulu," ucap Pria berkacamata itu.

Selanjutnya, Mustakim selaku Ketua Karang Taruna desa setempat mengatakan, ia sangat bangga terhadap anggota karang taruna dan warga sekitar yang mau belajar terkait ilmu pertanian dan mengamalkannya.

"Dengan adanya pembelajaran terkait pertanian seperti ini sangat bermanfaat untk kita semua. Semoga Petani semakin semangat untuk menjadi petani sukses," katanya saat ditemui suarabopjonegoro.com usai acara.

Ia juga menambahi, dengan adanya pertemuan rutin ini ia berharap, ada jalinan sillaturahmi yang kuat antar pemuda. "Semoga kita semua bisa semakin baik dan banyak mengerti ilmu dari proses belajar yang baik. Karena karang taruna tidak memberikan apa-apa tapi dengan karang taruna kita bisa apa apa", imbuhnya.(Wan/Red).


© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .