PEPC Tingkatkan Pengerajin Batik Bersama Ademos

Suara Bojonegoro     Selasa, November 22, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - PT Pertamina EP Cepu (PEPC) kembali mengadakan Program Peningkatan Pengrajin Batik bersama dengan Asosiasi Demokrasi dan Kesejahteraan Sosial (Ademos). Kegiatan tersebut diawali dengan sosialisasi dan musyawarah, yang kali ini diadakan di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, Selasa (22/11/16), setelah sebelumnya diadakan di Desa Dolokgede, yang diikuti bersama dengan pengrajin dari Desa Pelem, Kecamatan Purwosari.

Pada hari ini, sosialisasi diikuti oleh 5 (lima) orang perwakilan pengrajin yang menceritakan mengenai keberhasilan dan suka-dukanya dalam mengikuti kegiatan program batik.

Menurut Muntari, Perangkat Desa Bandungrejo, mengatakan, pemdes selalu mendukung kegiatan seperti ini dan pihaknys berharap para pengrajin bisa samakin berkembang.

"Semoga pengrajin mampu menimba ilmu untuk mengembangkan batik Jonegoroan," katanya.

Selanjutnya, Perwakilan PEPC, Edi Arto menyatakan senang dengan sambutan para pengrajin, karena semangat untuk mengembangkan kegiatan ini.

"Bahwa batik merupakan budaya Indonesia yang wajib dipelihara dan diangkat keberadaannya," ucap Edi

Edi menambahkan, pengrajin bisa belajar dari sebuah contoh adanya mall batik di Cirebon, kedepan nanti Bojonegoro bisa mempunyai tempat khusus yang besar untuk berbelanja batik.

Sementara pengrajin natik deda setempat, Astiah dan Winarti berharap dukungan PEPC tidak berhenti hingga disini, karena pengarajin selalu butuh motivasi, terutama ketika memasarkan batik dan menciptakan teknik pewarnaan yang membuat orang jadi lebih tertarik membeli batik kreasi mereka.

Mugi Rahayu, Selaku Manajer Program dari Ademos menyatakan, Program tahun ini merupakan kelanjutan dari program peningkatan kualitas pengrajin batik tahun 2015 yang berjalan dari dari bulan November hingga Desember 2016. "Kegiatan sosialisasi serupa akan diadakan di Desa Kaliombodan Desa Kalisumber," jelas Mugi.(Wan/Red).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .