Polres Tuban Amankan Pengepul BBM Ilegal

Suara Bojonegoro     Sabtu, November 05, 2016    

Reporter : Sasmito Anggoro

suarabojonegoro.com - (Tuban) - Kepolisian Resort (Polres) Tuban berhasil mengamankan pengepul BBm (Bahan Bakar Minyak) ilegal yang diedarkan ke wilayah Tuban dan Rembang, Penangkapan ini adalah hasil kerjasama antara Pertamina dan juga Polres Tuban dalam mengamankan hasil Minyak dan Gas Bumi di Bumi Ronggolawe. Sabtu (05/11/16).

Menurut Kapolres Tuban, AKBP Fadly Samad bahwa sudah Puluhan tahun  peredaran Bahan Bakar Minyak (BBM) ilegal beredar bebas di kalangan masyarakat Tuban. "Sebab itu, Pertamina menggandeng Polres Tuban dalam upaya memperketat peredaran minyak tanpa surat izin tersebut," Kata Kapolres Tuban

AKBP Fadly Samad juga menuturkan, informasi peredaran BBM ilegal sejauh puluhan tahun kerap kali diterima oleh Polres Tuban. Namun, kegiatan merugikan negara, khususnya pertamina selaku pengelola minyak dan gas bumi di Indonesi, membutuhkan kerjasama beberapa pihak.

“Polres Tuban bekerjasama dengan Pertamina membuat surat dan menyerahkan nama pengepul ilegal di Rembang dan Tuban dari Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Bancar dan sekitar, akan dioperasi,” terangnya.

Ssbelumnya jumlah pengepul Minyak ilegal ini mencapai 100 pengepul di Senori, sekarang tinggal sekitar 40 orang pengepul ilegal, hal ini berkat pendekatan dan juga sosialisasi yang dilakukan Polres Tuban.

Para pengepul menjual minyak ilegal dari hasil sulingan sendiri. Dengan demikian perbuatan tersebut dianggap melanggar pasal 53 Huru d Jo pasal 23 UU RI nomor 22 tahun 2001, tentang minyak dan gas bumi dengan ancaman pidana penjara selama tiga tahun penjara. (Ang/Lis)

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .