Pria Ini Pemilik Buah Belimbing Terberat Diajang Kontes Belimbing

Suara Bojonegoro     Minggu, November 13, 2016    

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com - Rangkaikan Festival Belimbing ke 3 yang digelar oleh Desa Ngringinrejo Kecamatan Kalitidu diawali dengan Kontes belimbing Bojonegoro. Hari Sulistiyadi, selaku Dewan Juri Kontes Belimbing menuturkan kontes ini diikuti oleh 12 peserta yang merupakan petani belimbing mulai dari Desa Ngringinrejo dan  Mojo.

"Penilaian terbagi dalam aspek berat atau ukuran belimbing, cita rasa buah dan warna dan bentuk buah serta penampilan buah," katanya, Minggu (13/11/16) pagi tadi.

Menurut Hari belimbing yang bagus berbentuk sempurna  atau lingirnya tidak berkelok namun lurus, bercita rasa segar dan manis, serta warna cerah. Tujuan lomba ini adalah mendorong petani memiliki kemampuan untuk merawat kebunnya lebih baik lagi sehingga produksi meningkat.

"Keunggulan belimbing Ngringinrejo adalah buahnya awet, tak mudah layu, ukuran relatif besar dan rasa yang manis,"

Ditambahi olehnya, dari 104 petani belimbing dengan didapati luas lahan mencapai kurang lebih 20 hektar. Untuk pedagang belimbing mencapai ratusan orang mulai yang berjualan di sentra agro, dan beberapa ruas jalan serta pasar.

"Sejak 5 tahun ini belimbing Bojonegoro menunjukkan trend positif mulai dari tingkat kunjungan sampai banyaknya permintaan," ucapnya.

Dalam kontes ini akan dipilih tiga pemenang yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai dan trophy kejuaraan. Dari 12 peserta, berat terbesar adalah 636 gram milik Juwanto. Tak hanya kontes belimbing, dalam kesempatan ini juga diadakan lomba kebersihan kebun.(Wan/Lis).

© 2014 Suara Bojonegoro. Designed by Suara Bojonegoro. .