Monday, December 26, 2016

Keindahan Gua Putri Asih Kabupaten Tuban, Jadi Pilihan Isi Liburan

    Monday, December 26, 2016   No comments

Reporter : Lina Nur Hidayah


suarabojonegoro.com - Tuban, Banyak cara untuk mengisi waktu liburan, salah satu nya dengan jalan-jalan dan mengunjungi objek wisata daerah yang ada disekitar kita.

Seperti pada liburan akhir tahun  ini distinasi wisata gua masih menjadi pilihan masyarakat untuk menikmati liburan panjang  bersama keluarga, salah satu distinasi Gua tersebut adalah gua putri asih yang terletak di kawasan  Desa Nguluhan, Kecamatan Montong, Kabupaten Tuban.

Untuk menuju ke lokasi wisata tersebut harus melewati rute perjalanan  dengan medan yang sedikit menanjak dan melewati batu berkerikil kurang lebih 50 M serta berada di area hutan. Namun, setelah sampai tujuan rasa capek pun akan terobati setelah kita melihat keindahan gua yang menajubkan.

Karena Fenomena alamnya nan indah inilah, tak heran gua tersebut selalu padat pengunjung terhitung sejak sepekan terakhir dan di perkirakan lonjakkan pengunjung akan meningkat tajam hingga awal tahun mendatang.Seperti yang disampaikan Joko Utomo salah satu petugas Goa putri asih pada Senin (26/12/16).

“Minimal ada 200 pengunjung perharinya mbak yang datang di putri asih, untuk harga tiket masuk dewasa sebesar 10 ribu dan anak-anak sebesar 5 ribu rupiah,”Kata Joko.

Sementara , putri asih memiliki fenomena indah diantaranya ornamen stalaktit, stalakmit,pilar atau penyangga, gordyn (ornamen batu yang terbuat dari tetesan air yang tipis sehingga membentuk selendang) serta memiliki 9 ruang gua yang terkenal dengan banyaknya ornamen bebatuan didalamnya.

“Konon penguasa gua tersebut bernama “Putri Asih” atau “ Putri Nawang Asih” yang memiliki kisah legenda turun temurun di kecamatan Montong, Tuban,” Tambah Joko Petugas Tiket sekaligus warga asli Montong.

Nah, Jika anda mengunjungi kabupaten Tuban jangan terlewatkan untuk mengunjungi wisata ini tentunya dengan harga tiket yang terjangkau.(Lin/Red).

No comments:
Write comments