Saturday, December 17, 2016

Raperda Perangkat Desa, Pansus I Minta Tes Dilaksanakan di Desa, Pemkab Tak Perlu Intervensi

    Saturday, December 17, 2016  

Reporter : Iwan Zuhdi

                                                                                 

suarabojonegoro.com - Perbedaan persepsi atau pandangan antara Pansus 1 (DPRD Bojonegoro)  dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bojonegoro (Eksekutif) atas beberapa poin isi draft Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bojonegoro tentang Perangkat Desa masih terjadi sampai saat ini. Meskipun begitu, pihak Pansus 1 optimis Raperda tersebut dapat disahkan akhir tahun ini.

Ketua Pansus 1 DPRD setempat, Dony Bayu Setiawan menegaskan, sampai saat ini masih ada perbedaan pandangan antara Pansus 1 dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro.

"Bebrapa poin yang belum disepakati antara pansus dan Pemkab antara lain, misalnya, terkait pelaksanaan tes tulis calon perangkat desa, Pemkab minta tes tulis dilaksanakan di Pemkab, sedangkan pansus minta dilaksanakan di desa," ungkap pria yang juga Anggota Komisi A DPRD Bojonegoro itu. Jum'at (16/12/2016).

Kemudian ia mengatakan, terkait rekomendasi calon perangkat yang diajukan oleh Kades, harus mempunyai dasar yang logis dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Rekomendasi camat terhadap calon perangkat desa yang diajukan oleh Kepala Desa, harus punya dasar yang bisa dipertanggungjawabkan," ungkapnya.

Meskipun terdapat perbedaan pandangan, pihaknya memandang pembahasan Raperda tentang perangkat desa ini agar sepenuhnya wewenangnya dikembalikan ke desa dan dilaksanakan dengan teguh.

"Pemkab tidak perlu masuk dan intervensi dalam hal pengisian perangkat desa. Biarlah desa yang melaksanakan, pemkab cukup fasilitas," tutur Dony.

Dalam hal ini, Intinya, Pansus 1 DPRD Kabupaten Bojonegoro mengajak bersama-sama semangat membangun desa sebagaimana amanat UU Desa, dikembalikan kewenangan desa. Termasuk PP 47 maupun permendagri 83 tahun 2015 tentang perangkat desa, harus dilaksanakan secara konsekuen.(Wan/Red).

No comments:
Write comments