Wednesday, January 18, 2017

Awal Tahun Diprediksi Bojonegoro Bakal Banjir Lagi

    Wednesday, January 18, 2017   No comments

Reporter: Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Diprediksi bencana banjir bakal kembali  terjadi di Kabupaten Bojonegoro di awal tahun 2017 ini. Pasalnya, intensitas hujan di bagian hulu Sungai Bengawan solo maupun hujan lokal untuk sepekan terakhir ini sangat tinggi.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro Andik Sudjarwo mengatakan, pihaknya memprediksi diawal tahun 2017 ini bencana banjir bakal terjadi lagi. Namun, luapan air dari bengawan solo yang melintas di Kota ledre itu tidak setinggi banjir sebelumnya. Diprediksi hanya mencapai siaga hijau.

"Untuk minggu ini kami prediksi maksimal hanya siaga 1, akan kami pantau terus perkembangannya. mudah-mudahan tidak banjir," katanya. Rabu (18)1/2017).

Ia menambahkan, intensitas hujan yang sangat tinggi menjadi faktor utama meluapnya air sungai terpanjang di pulau Jawa itu. Baik kiriman dari hulu maupun kiriman hujan lokal.

"Hujan lokal beberapa hari ini ditambah kontribusi hulu madiun dan ngawi," ujarnya.

Maka dari itu pihaknya menghimbau kepada warga di sepanjang bantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) agar selalu waspada dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

"Awal Januari sampai dengan Februari ada fluktuasi tinggi muka air bengawan solo, hati-hati aktivitas disepanjang bantaran, penyeberangan, nelayan," imbaunya. (Wan/Red).

No comments:
Write comments