Thursday, January 19, 2017

Beras Milik Petani Binaan EMCL Kini Terpajang di Minimarket

    Thursday, January 19, 2017   No comments

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Petani dari 14 desa di Kecamatan Gayam dan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro patut berbangga. Kini beras hasil panen mereka sudah terpajang di empat minimarket milik Koperasi Kareb Bojonegoro. Koperasi Produsen Agribisnis (KPA) Makmur Sejahtera Bersama yang menaungi para petani ini sudah menjalin kerjasama dengan koperasi Kareb.

"Kemarin kita sudah suplay 1,5 ton beras kesana," ujar Ketua KPA, Darusman pada Kamis (19/1/2017).

Kerjasama ini, jelas Darusman, meliputi suplay beras dan makanan olahan. Namun pada Januari baru bisa memasok beras semi organik, mentik wangi.

"InsyaAlloh target Februari mulai memasok makanan ringan," imbuh petani dari Desa Ngraho, Kecamatan Gayam ini.

Darusman melanjutkan, seandainya beras 1,5 ton bisa habis dalam seminggu, makan akan kontinyu memasok empat kali dalam sebulan. Sedangkan perjanjian kerjasamanya sendiri baru disepakati satu tahun.

"Kita optimis kerjasama ini bisa berkembang," tuturnya yakin.

Namun Darusman masih mengakui kekurangan KPA yang berlokasi di Desa Katur itu. Menurut dia, pihaknya belum mempunyai alat produksi yang besar seperti para pemasok lainnya. Meski demikian, dia yakin akan bisa bersaing dari segi kualitas.

"Kita yakin banyak yg mendukung upaya para petani untuk maju," ucapnya.

Sementara itu, perwakilan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) Joni Wicaksono mengatakan bahwa kerjasama KPA ini merupakan bagian dari program Pengembangan Mata Pencaharian Masyarakat di sekitar wilayah operasi EMCL. Program yang didampingi Yayasan Bina Swadaya ini, jelas Joni, sudah membentuk beberapa kelompok petani dalam wadah Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

"Kita juga membentuk dua koperasi sebagai wadah pemasaran dan permodalan," katanya.

Joni berharap, melalui program pengembangan ekonomi ini, bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar wilayah operasi EMCL. Saat ini, kata dia, EMCL melakukan berbagai program kemasyarakatan di bidang pendidikan, kesehatan dan pengembangan ekonomi.

"Ini komitmen kami, sebagai tetangga yang baik, kami terus bersinergi dengan pemerintah," pungkasnya. (Wan/Lis).

No comments:
Write comments