Tuesday, January 17, 2017

Gemar Membaca Bersama Pertamina EP Cepu

    Tuesday, January 17, 2017   No comments

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com-  Hari ini Selasa (17/01/2017) Program gemar membaca bersama PT Pertamina EP Cepu (PEPC) digelar di SD Negeri Kaliombo 4, SD Negeri Kaliombo 1, dan SD Negeri Kaliombo 2, di Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro.

Program yang terselenggara atas kerja sama PT Pertamina EP Cepu (PEPC) bekerja sama dengan Yayasan Kampung Ilmu Bojonegoro (YKIB) ini juga didukung oleh relawan kampung dongeng.

Kegiatan pertama dilakukan di SD Negeri Kaliombo 4 yang letaknya paling ujung di Desa Kaliombo. Sebanyak 50 siswa kelas 1,2,dan 3 mengikuti kegiatan gemar membaca bersama PEPC ini.

Perwakilan dari PEPC yang hadir yakni Ismail Mardi dari TimSocioeconomic ditemani Edi Arto dan Wulan Purnamawati dari PGA & Relations PEPC. Kepala SD Negeri Kaliombo 4, Ide Bagus Prisade, juga hadir dan memberi sambutan.

Relawan dari Kampung Dongeng, Nur Rohmah Isnaini atau disapa Kak Iis dan Erna Damayanti atau disapa Kak Erna, menghibur anak-anak dengan dongeng. Kak Iis mengajak anak-anak gemar membaca melalui pesan dongeng yang ia sampaikan.

Ismail Mardi, perwakilan PEPC, juga mengajak anak-anak gemar membaca agar mendapatkan bekal ilmu yang cukup untuk meraih cita-cita. Ia juga menjelaskan tentang adanya gas bumi dan aktivitas PEPC di lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB).

“Kalian harus gemar membaca agar kelak bisa meraih cita-cita,” pesan Ismail Mardi di hadapan anak-anak.

Hadir pula Muhammad Tohir, penulis dan editor buku, dalam kegiatan tersebut. Ia mengajak anak-anak mengakrabi buku dan gemar membaca. Ia mencontohkan tokoh-tokoh besar seperti Soekarno, Hatta, dan Gus Dur yang suka membaca dan bisa membuat sejarah dalam hidupnya.

“Teman-teman pasti tahu media sosial facebook kan. Pendirinya namanya Mark Zuckerberg. Ia juga suka membaca dan sekarang bisa mengubah dunia,” ujar Tohir, sapaannya.

Setelah itu, kegiatan gemar membaca dilanjutkan di SD Negeri Kaliombo 1, yang jaraknya berdekatan. Sebanyak 70 anak-anak di sekolah ini menyambut gembira kegiatan membaca bersama PEPC ini.

Kepala SD Negeri Kaliombo 1, Rachmad Purwanto, mengaku sangat senang dikunjungi dalam program gemar membaca bersama PEPC ini. Ia mengakui sarana dan prasarana kegiatan belajar di SDN Kaliombo 1 masih sangat minim.

“Bantuan buku dan rak buku memang sangat kami butuhkan,” ujarnya.

Terakhir kegiatan gemar membaca bersama PEPC digelar di SD Negeri Kaliombo 2. Sebanyak 50 anak-anak antusias mengikuti kegiatan ini. Kepala SD Negeri Kaliombo 2, Muhammad Dahlan, mengaku kegiatan gemar membaca ini diharapkan semakin mendorong anak-anak untuk giat membaca. Apalagi, koleksi buku di perpustakaan juga kini bertambah.

“Kami berterima kasih karena sudah dikunjungi dalam kegiatan gemar membaca ini,” ujarnya.

Selain kegiatan gemar membaca, setiap sekolah juga mendapatkan bantuan buku dan rak buku. SD Negeri Kaliombo 2 mendapatkan bantuan 1 unit rak buku, 145 buku cerita, dan 73 buku pelajaran terbitan Erlangga. Kemudian, SD Negeri Kaliombo 1 mendapatkan bantuan 1 unit rak buku, 145 buku cerita dan 350 buku pelajaran terbitan BSE. Selanjutnya, SD Negeri Kaliombo 4 mendapatkan bantuan 1 unit rak buku, 145 buku cerita dan 72 buku pelajaran terbitan Erlangga.

Acara gemar membaca masih akan berlanjut hari Rabu (18/01/2017) di SD Pelem,SD Pelem 2 serta SD Dolokgede dan juga hari  Kamis (19/01/2017) di SD Bandungrejo 1 dan SD Bandungrejo 2.(Wan/Lis).

No comments:
Write comments