Thursday, January 19, 2017

Lahan Kritis di Bojonegoro Makin Berkurang

    Thursday, January 19, 2017   No comments

Reporter : Iwan Zuhdi


suarabojonegoro.com - Pemerintah Kabupaten Bojonegoro terus berupaya mengurangi luas lahan kritis yang saat ini masih tergolong tinggi, yakni sekitar 144 hektar. Angka tersebut mencakup seluruh wilayah se Kabupaten Bojonegoro.

Kepala Bidang Konservasi dan Pengendalian Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro, Mardiantoro mengatakan, jumlah lahan kritis tersebut sudah jauh berkurang bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang mencapai ratusan ribu hektar.

"Awalnya, lahan kritis di Bojonegoro  menunjukan angka yang sangat besar, yakni pada tahun 2003 mencapai 22.335 hektar lebih, tapi angka tersebut semakin berkurang," katanya saat ditemui di ruang kerjanya. Kamis (19/1/2017).

Mantan Kepala Bidang Kehutanan, Dishutbun Kabupaten Bojonegoro itu menerangkan, selama 14 tahun terkhir ini luas lahan kritis di Bojonegoro semakin berkurang. Pengurangan luas lahan tersebut bakal terus dilakukan, yakni dengan bekerjasama dengan berbagai pihak.

Data yang dihimpun suarabojonegoro.com di kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bojonegoro menyatakan, lahan kritis tahun 2014 mencapai 258 hektar, tahun 2015 ada 195 hektar. Sedangkan, tahun 2016 tersisa144 hektar.

"Makin lama makin menurun, karena banyaknya kegiatan pengurangan angka lahan kritis dari Kabupaten, Provinsi maupun Pusat," imbuhnya. (Wan/Red).

No comments:
Write comments