Friday, January 13, 2017

OPEC Pangkas Produksi, Harga Minyak Mentah Dunia Naik

    Friday, January 13, 2017   No comments

Reporter: --

suarabojonegoro.com - Harga minyak mentah dunia mulai merangkak naik, setelah ada laporan sejumlah anggota Organisasi Negara-Negara Eksportir Minyak mulai memangkas produksi minyaknya dan permintaan meningkat di China.

Dilansir CNBC, Jumat 13 Januari 2017, harga minyak mentah Amerika Serikat naik 76 sen atau 1,5 persen di US$53,01 per barel. Sedangkan harga minyak mentah Brent menanjak 98 sen atau 1,8 persen di US$56,08 per barel.

OPEC telah setuju untuk memangkas produksi minyak untuk mengurangi kelebihan pasokan minyak dunia, yang telah menyebabkan harga minyak anjlok. Langkah ini dilakukan untuk menyeimbangkan pasar minyak global. Harga Minyak Anjlok, Sentuh Level Terendah.

Menteri Energi Arab Saudi, Khalid al-Falih, mengatakan kerajaannya sudah mengurangi produksi minyaknya ke level terendah dalam hampir dua tahun. Ia juga mengatakan permintaan minyak dunia akan naik sekitar satu juga barel per hari pada 2017.

Menteri Minyak Kuwait, Essam Al-Marzouq, menyatakan sudah mengurangi produksi minyaknya lebih dari yang dijanjikan pada kesepakatan OPEC. Menteri Minyak Irak, Ali al-Luaibi, juga mengatakan sudah mengurangi ekspor minyaknya sebesar 170 ribu barel per hari, ditambah 40 ribu barel per hari pada minggu ini.


Sumber: Viva.co.id

No comments:
Write comments