Thursday, January 12, 2017

Pengajuan Permohonan Beasiswa Pemkab Tahun 2017 Meningkat

    Thursday, January 12, 2017   No comments

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro - Permohonan beasiswa program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro pada tahun anggaran 2017 ini meningkat. Terhitung, pada tahun 2016 ada sekitar 200 penerima beasiswa. Sedangkan, untuk pengajuan permohonan pada awal tahun 2017 ini sudah mencapai 500 pemohon.

Kasubag Pendidikan dan Kebudayaan Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Bojonegoro, Muh Fadloli mengatakan, sampai per bulan Januari tahun 2017 ini sudah ada sekitar 500 lebih berkas permohonan beasiswa yang sudah diterimanya.

"Awal tahun 2017 ini saja sudah ada pengajuan 500 lebih," katanya. Kamis (12/1/2017) siang.

Fadloli mengatakan, beasiswa yang bersumber dari APBD Kabupaten Bojonegoro ini diperuntukan untuk Mahasiswa yang mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Bojonegoro. Mayoritas yang mengajukan beasiswa adalah dari mahasiswa yang menempuh kuliah di kampus Bojonegoro.

"Selain berasal dari kampus lokal juga ada dari kampus luar daerah, sperti Unesa, Unej, Unair, Uin Malang, dan lainya," ujarnya.

Dijelaskan pula olehnya, khusus untuk Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri Bojonegoro mekanisme penerimaan beasiswanya tidak seperti tahun lalu. Kalau tahun lalu masih lewat Kesra (Pemkab Bojonegoro). Tapi untuk saat ini Mahasiswa AKN harus mengajukan permohonan beasiswa melalui Pemerintah Desa atau Kelurahan setempat. Kemudian Pemdes atau Kelurahan menyampaikanya ke Pemkab.

"Untuk tahun ini beasiswa AKN ikut Pemdes, karena ikut vokasional. Sebab, untuk menimilalisir kesenjangan antar perguruan tinggi. Biar tidak ada pengecualian," jelasnya.

Selanjutnya, untuk program bidik misi pada tahun 2017 ini sudah tidak di sediakan. Pemkab hanya memperuntukan beasiswa reguler (Umum) saja. "Harapanya dengan adanya program beasiswa Pemkab ini bisa menunjang kualitas mutu anak didi (Mahasiswa)," harapnya.

Dijetahui bersama, persyaratan untuk mengajukan beasiswa jalur umum adalah mengajukan proposal kepada Bupati Bojonegoro dilampirkan dengan fotocopy KTP dan KK yang beralamatkan Bojonegoro, fotocopy Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), keterangan aktif kuliah, surat keterangan tidak mampu (SKTM) dari kepala desa/kelurahan, keterangan hasil studi (KHS) indeks prestasi dengan nilai minimal 3.00, mengetahui kampus setempat, dan mencantumkan nomor handphone. (Wan/Red)

No comments:
Write comments