Tuesday, January 24, 2017

Pengisian Perangkat Desa Digelar Bulan Juni

    Tuesday, January 24, 2017   No comments

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Dinas Permberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bojonegoro mentargetkan kegiatan pengisian perangkat desa yang kosong bakal dilaksanakan pada bulan juni 2017 mendatang. Hal tersebut seperti disampaikan oleh Kabid Pemerintah Desa dan Kelurahan DPMPD Kabupaten Bojonegoro, Sugeng Firmanto saat ditemui dikantornya. Selasa (24/1/2017) pagi.

Namun, untuk melaksanakan pengisian perangkat desa tersebut sampai saat ini masih menunggu raperda tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa hasil kajian Gubernur Jawa Timur. Dipastikan, setelah ada review dari Gubernur akan segera dibahas bersama DPRD Kabupaten Bojonegoro.

"Raperdanya masih proses kajian Gubernur. Ditargetkan bulan Juni - Juli dilaksanakan," katanya di ruanganya.

Disinggung terkait mekanisme, pihaknya mengatakan, jika dalam satu Kecamatan hanya terdapat satu desa saja, pelaksanaan tes dilakukan di desa tersebut. Kamudian, jika dalam satu Kecamatan terdapat lebih dari satu, pelaksanaan tes bakal diakomodir oleh Pihak Kecamatan.

"Lebih dari satu desa bakal dilakukan oleh Kecamatan. Dengan alasan estimasi biaya," ujarnya menerangkan.

Ditambahi olehnya, pelaksanaan pengisian perangkat desa nantinya akan dilakukan tes oleh Pemerintah Kabupaten Bojonegoro. "Untuk soalnya nanti difasilitasi Pemkab," tambahnya.

Dari data yang dihimpun, terdapat 653 jabatan perangkat desa yang kosong, terdiri dari, Sekdes 98, Kaur pemerintahan 78, Kaur pembangunan 64, Kaur kesra 76, Kaur umum 98, Kaur keuangan103 dan Kasun 136. (Wan/Red).

Foto: Ilustrasi

No comments:
Write comments