Saturday, January 14, 2017

Perda Perangkat Desa Disahkan Akhir Januari Ini

    Saturday, January 14, 2017   No comments

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Kabupaten Bojonegoro tentang tata cara pengangkatan perangkat dan pemberhentian perangkat desa saat ini sudah pada tahapan disampaikan Gubernur Jawa Timur untuk dikaji.

Perda yang sudah ditunggu-tunggu untuk segera disahkan ini diharapkan bisa dipergunakan sebagai landasan hukum tingkat daerah dalam melaksanakan pengangkatan perangkat dan pemberhentian perangkat desa, yang saat ini diketahui masih banyak desa yang mengalami kekosongan.

Kasubag Hukum Pemkab Bojonegoro, Ira MD Zulaikha kepada suarabojonegoro.com mengatakan, eksekutif bersama legislatif (Pansus 1) beberapa waktu lalu telah membahasnya. Saat ini masih menunggu hasil review Gubernur Jawa Timur.

"Perda perangkat daerah masih di ranah DPRD, selanjutnya baru akan dikirim ke Bupati untuk diajukan ke Gubernur untuk difasilitasi," katanya. Kamis (12/1/2017).

Ira sapaan akrabnya menambahkan, selama ini, pembahasan Raperda tersebut sudah selesai dibahas oleh eksekutif dan legislatif. Jadi tinggal menunggu kajian Gubernur. "Belum ada kajian Gubernur. Tapi memang sudah clear di tingkat pansus," tambahnya.

Selanjutnya, Ketua Pansus 1 DPRD Kabupaten Bojonegoro, Anam Warsito menegaskan, tahapan perda tentang perangkat desa sampai saat ini masih dikaji Gubernur dan pihaknya belum mendapat jawaban. Namun, direncanakan Perda tersebut bakal disahkan pada bulan Januari ini.

"Perda perangkat desa sudah dibahas pansus dan tim eksekutif sekarang tahap untuk dimintakan kajian ke Gubernur. Direncanakan tanggal 30 Januari di paripurnakan," kata Anam yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bojonegoro. (Wan/Red).

No comments:
Write comments