Tuesday, January 24, 2017

Pilkades Antarwaktu, Ada Satu Desa yang Harus Melaksanakan Tes

    Tuesday, January 24, 2017   No comments

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Pemilihan kepala desa antarwaktu (PAW) di empat desa yakni Desa Kepohkidul Kecamatan Kedungadem, Desa Deru Kecamatan Sumberrejo, Desa Sumberagung Kecamatan Dander, dan Desa Sekaran Kecamatan Kasiman bakal segera dilakukan pada pertengahan bulan Februari dan Maret 2017 mendatang. Dari keempat desa tersebut diketahui terdapat calon kepala desa yang melebihi kuota yang sudah ditetapkan.

Kabid Pemeritahan Desa dan Kelurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Bojonegoro, Sugeng Firmanto mengatakan, sesuai aturan, PAW ini diikuti oleh minimal 2 kandidat dan maksimal 3 kandidat. Jika lebih dari itu bakal dilakukan tes tulis oleh Pemerintah Kabupaten.

"Sementara, di Desa Sumberagung terdapat 6 calon kepala desa yang bakal mengikuti PAW ini. Nanti akan dilakukan tes. Otomatis ada 3 calon yang harus lengser dari keikutsertaanya," katanya saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa (24/1/2017).

Ia juga mengatakan, kekosongan kepala desa dari empat desa ini sebelumnya disebakan oleh kepala desa yang meninggal dunia ditengah - tengah masa jabatan. "Rata-rata meninggal dunia," ujarnya.

Terkait mekanisme pemilihanya, Sugeng sapaan akrabnya menjelaskan, PAW itu berbeda dengan pemilihan reguler. Ada dua teknis pemilihanya, yakni dengan cara coblosan dan Musyawarah bersama.

"Apabila kosong lebih dari 2 tahun dengan cara coblosan, dan apabila dibawah 2 tahun cukup dengan mekanisme musyawarah saja," katanya.

Dari data yang dihimpun, pelaksanaan PAW di Desa Kepohkidul Kecamatan Kedungadem bakal digelar pada tanggal 16 Februari 2017, sedangkan di Desa Deru Kecamatan Sumberrejo, Desa Sumberagung Kecamatan Dander, dan Desa Sekaran Kecamatan Kasiman digelar pada tanggal 22 Maret 2017.(Wan/Red).

No comments:
Write comments