Monday, January 16, 2017

Polres Go To School, Kapolres Paparkan Kriminalitas Remaja

    Monday, January 16, 2017   No comments

Reporter : Nella Rachma

suarabojonegoro.com -  Kapolres Bojonegoro AKBP Wahyu S. Bintoro, SH., SIK., M.Si pagi tadi, Senin (16/01/2017) pada pukul 07.00 wib mengambil apel pagi di SMU N 1 Bojonegoro. Kehadiran Kapolres Bojonegoro tersebut sebagai pembina dalam upacara bendara yang setiap hari senin dilakasanakan di SMU N 1 Bojonegoro yang diikuti oleh seluruh murid dan guru serta staff TU SMU N 1 Bojonegoro.

Dalam amanatnya Kapolres mengajak seluruh peserta upacara yang hadir, terutama para pelajar yang masih dalam usia muda untuk berperan aktif dalam membangun negara. Karena tanpa adanya peran dari pemuda bangsa ini tidak akan menjadi bangsa yang besar, bangsa yang akan dihormati oleh bangsa lain, untuk itu semangat dan rasa nasionalisme para pemuda sangatlah dibutuhkan.

"Sejarah mencatat bahwa peran serta remaja atas tegaknya negara berkat jerih payah para pemuda", ungkap Kapolres mengawali amanatnya.

Selain mengajak untuk berperan aktif membangun negara, Kapolres juga mengajak seluruh generasi muda tidak terlibat dalam kriminalitas. Sesuai dengan data kriminalitas yang ada di Polres Bojonegoro pada tahun 2016 sebanyak 61 kasus kriminal yang melibatkan remaja atau usia anak muda.

"Ada 36 orang anak usia remaja yang menjadi tersangka, serta 50 orang menjadi korban kriminal", imbuh Kapolres.

Masih dari data yang dimiliki oleh Polres Bojonegoro, pada tahun 2016 jumlah kasus lalu lintas sebanyak 924 kasus. Dari data tersebut terjadi kenaikan jumlah kasus kecelakaan dari pada tahun 2015 sebanyak 682 atau naik menjadi 35,4%.

"Tahun 2016 sebanyak 424 orang usia remaja terlibat kecelakaan lalu lintas", lanjut Kapolres.

Disamping banyak kasus-kasus yang telah disampaikan diatas, Kapolres memberikan penekanan kepada seluruh pelajar untuk selalu mempergunakan tekhnologi yang saat ini ada untuk hal-hal yang positif terutama terhadap penggunaan internet. Pergunakanlah internet untuk hal-hal positif dengan tidak membuka situs-situs porno.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan untuk menjauhi bahaya peredaran narkoba yang saat ini sudah masuk di sekolah-sekolah dengan sasaran para pelajar. Banyaknya kasus terorisme yang melibatkan usia remaja dan ikut dalam faham radikal, Kapolres mengingatkan untuk menjauhi hal-hal tersebut.

Kepada pihak sekolah sebagai pengganti orang tua para pelajar pada saat di sekolah, Kapolres mengajak untuk membantu meningkatkan serta membangun moral kepribadian para pelajar. Bekerjasama dengan Polri, dimana Polri sebagai pembina Kamtibmas bertugas dan bertanggung jawab untuk melaksanakan pembinaan terhadap masyarakat yang cenderung serta berpotensi mengganggu ketertiban serta keamanan di masyarakat.

"Marilah kita rubah pola berfikir dan bertindak kita menjadi yang lebih baik. Baik dalam hukum maupun norma yang berlaku di masyarakat", ajak Kapolres.

Diakhir sambutannya, Kapolres berpesan kepada seluruh peserta yang ikut dalam upacara bendera untuk senantiasa selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan, memilih kegiatan yang bernilai positif,  jauhi lingkungan yang cenderung merusak masa depan, lebih bijak dalam penggunaan internet. Selanjutnya, Kapolres juga mengajak untuk tidak lagi terlibat dalam pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas serta waspada terhadap paham radikalisme.

"Tingkatkan iman dan taqwa kita dan jauhilah dari ajakan, pergaulan dan lingkungan yang dapat merusak masa depan kita", pungkas Kapolres. (Ney/Lis)

No comments:
Write comments