Wednesday, February 1, 2017

3 Tempat Tambang Ini Mendapat Rekom Bupati untuk Beroperasi

    Wednesday, February 01, 2017  

Reporter : Iwan Zuhdi

suarabojonegoro.com -  Di Bojonegoro, ada tiga tempat tambang yang mendapat rekomendasi dari Bupati. Ketiga tempat tambang tersebut meliputi tambang tanah huruk di Desa Gondang Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro, tambang pasir darat di Desa Katur Kecamatan Gayam dan tambang pasir darat di Desa Tebon Kecamatan Padangan.

Saat ditemui oleh suarabojonegoro.com di kantor Bagian Sumberdaya Alam (SDA) Pemkab Bojonegoro, Kasubag ESDM dan Lingkungan Hidup, Dadang Aris, mengatakan, sebenarnya ada empat pemohon dari tiga pemohon yang mendapat rekomendasi dari Bupati. Sebab, salah satunya ada masalah hukum.

"Sebenarnya ada 4 pemohon. Namun, salah satunya ada masalah jadi rekomendasinya tidak dikeluarkan," katanya. Rabu (1/2/2017).

Proses permohonan rekomendasi tersebut, sebelumnya dikaji dulu oleh tim teknis rekomendasi pertambangan Kabupaten Bojonegoro, dimana struktural tim tersebut sudah tertuang didalam keputusan Bupati Bojonegoro nomer 188/284/KEP/412.11/2016.

Tim teknis pertambangan yang diketuai oleh Asisten Bagian Pemerintahan Skreataris Daerah itu dibantu oleh beberapa anggota yang berasal dari SKPD terkait, seperti Bagian SDA Pemkab, Bappeda, Dinas PU, Dinas Lingkungan Hidup.

Selanjutnya, hasil kajian Pemkab disampaikan ke untuk selanjutnya dikirim ke Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Perizinan Terpadu (UPT-P2T) dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur.

Ada 3 tahapan administrasi yang wajib diselesaikan, yakni menyelesaikan pemberkasan terkait Wilayah Ijin Usaha Pertambangan (WIUP), ijin Eksplorasi, dan yang terakhir Ijin Operasi Produksi.

"Setelah rekom Bupati keluar, selanjutnya urusanya diranah Provinsi," ungkapnya. (Wan/Red).


Foto: salah satu tambang di Bojonegoro

No comments:
Write comments